• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU SUMATERA UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Feni Zahmi_1.pdf (193.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    FENI ZAHMI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peran matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang memiliki nilai esensial di berbagai bidang kehidupan menjadi sangat penting, terutama dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi diperlukan pola fikir yang kritis, sistematis, logis, kreatif, dan mampu bekerja sama secara efektif. Pembaharuan-pembaharuan di bidang pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Salah satunya adalah pendidikan matematika. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kebanyakan siswa tidak mengetahui maksud soal dan kesulitan dalam membuat model matematika dari permasalahan yang diberikan. Permasalahan tersebut juga terjadi di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran matematika sehingga siswa menjadi pasif, siswa melakukan sedikit tanya jawab, dan mencatat informasi rumus dari guru. Menurut Freudental (dalam Suharta, 2001:2) berpendapat bahwa, bila anak belajar matematika terpisah dengan pengalaman mereka sehari-hari maka akan cepat lupa dan tidak dapat mengaplikasikan matematika. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika di kelas hendaknya penekanan antara konsep-konsep matematika dengan pengalaman anak sehari-hari dan menerapkan kembali konsep matematika yang telah dimiliki anak pada kehidupan sehari-hari atau pada bidang lain sangat penting dilakukan. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada pematematisasian pengalaman sehari-hari adalah Realistics Mathematics Educations (RME) atau sering dikenal dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara selama proses Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus yakni Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis diperoleh melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa pada pembelajaran I sebesar 73,54%, pada pembelajaran II sebesar 85,00%, pada pembelajaran III sebesar 93,33%, dan pada pembelajaran IV sebesar 95,83%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran I sampai pembelajaran IV. Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai pertemuan IV yaitu pada Pembelajaran I sebesar 61,90%, Pembelajaran II sebesar 80,95%, Pembelajaran III sebesar 90,48%, dan Pembelajaran IV sebesar 95,24%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 72,5% dan pada Siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah sebesar 92,5%. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) mendapat respon yang positif dari siswa dan sangat efektif di terapkan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6970
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail