• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DRILL DAN RESITASI PADA OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 WULUHAN TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dya Fitri Perwitasari_1.pdf (338.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Dya Fitri Perwitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru SMP Negeri 2 Wuluhan diketahui bahwa siswa tergolong kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga hasil belajarnya juga kurang terutama pada materi operasi bentuk aljabar. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru dan jarang memberikan latihan-latihan soal pada siswa. Sehingga dalam pembelajaran pada materi ini peneliti menggunakan metode Drill dan Resitasi karena metode Drill merupakan metode yang menggunakan latihan-latihan mengerjakan soal secara berulang-ulang sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan berhitung yang dilakukan dengan cara meminta para siswa menghafal langkah-langkah atau rumus-rumus dalam latihan mengerjakan soal. Dalam penelitian ini, siswa dihadapkan dengan latihan-latihan soal yang harus dikerjakan baik secara individu maupun kelompok. Sedangkan Resitasi merupakan pertanggungjawaban atas tugas yang telah dikerjakan siswa baik pada saat pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran dengan cara mempresentasikan hasil tugas yang telah dikerjakannya di depan kelas baik secara lisan maupun tertulis atau dengan mengumpulkan hasil pekerjaannya secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Drill dan Resitasi, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan metode Drill dan Resitasi. Pengambilan data ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wuluhan pada tanggal 19 Oktober 2011 – 10 November 2011. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan Metode Drill dan Resitasi pada Operasi Bentuk Aljabar dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Kendala-kendala yang ditemui dalam penerapan pembelajaran ini yaitu pada saat siswa mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya dengan presentasi di depan kelas. Hal ini dikarenakan siswa masih malu dan takut untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Drill dan Resitasi pada materi operasi bentuk aljabar berjalan dengan baik, serta dapat dikatakan meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran 1 siklus 1 sebesar 70,7%, pada pembelajaran 2 siklus 1 sebesar 74,2%, pada pembelajaran 3 siklus 2 sebesar 81,48%, dan pada pembelajaran 4 siklus 2 sebesar 82,68%. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 71,875%, 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 81,25%, 6 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan untuk presentase aktivitaas guru secara klasikal pada pembelajaran 1 mencapai 78,57%, pembelajaran 2 mencapai 85,71%, pembelajaran 3 mencapai 92,86%, dan pembelajaran 4 mencapai 97,62%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Drill dan Resitasi berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada materi operasi bentuk aljabar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6969
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository