Show simple item record

dc.contributor.authorDevi Norma Listanti
dc.date.accessioned2013-12-10T00:31:43Z
dc.date.available2013-12-10T00:31:43Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210191134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6968
dc.description.abstractModel Gal’perin merupakan salah satu model pembelajaran yang menurut teori proses belajar mengajarnya dibagi menjadi empat tahap. Model ini dikembangkan berdasarkan teori pendidikan psikolog Uni Soviet, Peter jacovlevic Gal’perin. Adapun rangkaian empat tahap tersebut antara lain: orientasi, latihan, umpan balik dan lanjutan. Dalam penelitian ini, siswa diikutsertakan langsung dalam mengorientasikan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan cara mempraktekkan dialog yang ada pada LKS yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari, sehingga siswa bisa dengan mudah menemukan dan memahami konsep tanpa harus menghafal. Selain itu siswa juga diberi kesempatan untuk menuliskan kesulitan-kesulitan yang dialaminya dimana kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa bisa dijelaskan kembali oleh guru, sehingga siswa akan benar-benar memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendalakendala dan hal-hal yang dijumpai dalam pembelajaran, aktivitas siswa, serta ketuntasan belajar siswa apabila diterapkan pembelajaran dengan model Gal’perin. Pengambilan data ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wuluhan pada tanggal 15 November 2011 – 30 November 2011. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan Model Gal’perin pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Dengan mengikutsertakan siswa secara langsung dalam mempraktekkan dialog jual beli di depan kelas, diskusi kelompok serta menuliskan kesulitan-kesulitan yang dialaminya dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Kendala-kendala yang ditemui dalam penerapan pembelajaran ini yaitu pada saat siswa memperagakan dialog jual beli di depan kelas dan pada saat siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hal ini dikarenakan siswa masih malu dan takut untuk memperesentasikan hasil pekerjaannya. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Gal’perin pada materi aritmatika sosial berjalan dengan baik, serta dapat dikatakan meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran terakhir yaitu pada aktivitas mendengarkan penjelasan guru sebesar 78,27%; berorientasi sebesar 68.15%; bertanya sebesar 67.86%; menjawab pertanyaan sebesar 65.18% presentasi sebesar 63.09%; mengerjakan PR/tugas proyek di depan kelas sebesar 62,5%. Pembelajaran dengan model Gal’perin pada materi aritmatika sosial terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 67.86%, 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 82.14%, 5 siswa yang tidak tuntas. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model Gal’perin berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada materi aritmatika sosial. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191134;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GAL’PERINen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII E SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 WULUHAN TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record