PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF- PRODUKTIF DISERTAI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang
mempelajari tentang gejala-gejala di alam semesta. Dalam pembelajaran fisika,
perlu adanya proses belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada siswa
untuk mengembangkan kreativitasnya dalam belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil
semester telah diperoleh data bahwa diantara 36 siswa terdapat 9 (25%) orang
yang dinyatakan tuntas dan mendapat nilai ≥ 70, sedangkan 27 (75%) siswa
lainnya dinyatakan tidak tuntas. Berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar
mengajar di kelas XI IPA menunjukkan bahwa dari 36 siswa yang memakai
sumber belajar 27,70% berupa LKS, mendengarkan penjelasan guru 53,70%,
mencatat materi 62,04%, mengerjakan latihan soal 9,26%, bertanya pada guru
1,71%, menyampaikan pendapat 15,74%.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi. Tahap
pembelajaran ini adalah sebagai berikut: Orientasi (guru menjelaskan tujuan dan
langka-langkah pembelajaran), Eksplorasi (siswa membaca, browsing lewat
internet), Interpretasi (siswa berdiskusi), Re-kreasi (siswa membuat makalah), dan
Evaluasi. Dengan demikian, strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai
metode diskusi ini dapat digunakan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar
dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika melalui strategi
pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA
SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012; (2) untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika melalui strategi pembelajaran
kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji, pengambilan subyek
penelitian adalah kelas XI IPA sebanyak 36 siswa, kelas ini ditentukan
berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui ketuntasan hasil belajar dan
aktivitas belajar. Rancangan penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan
Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah hasil
post tes, skor aktivitas belajar siswa, skor aktivitas guru, serta hasil wawancara
dengan guru bidang studi dan siswa.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar
sebelum tindakan dan setelah tindakan mengalami peningkatan. Pada siklus I
mengalami peningkatan sebesar 30.31% yaitu dari 45.45% menjadi 75.76%.
Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar
9.09% yaitu dari 75.76% menjadi 84.85%. Pada siklus I telah tercapai kriteria
ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji.
Aktivitas belajar fisika siswa melalui strategi pembelajaran kreatifproduktif
disertai
metode
diskusi
mengalami
peningkatanPada
pra
siklus
aktivitas
belajar
fisika siswa secara klasikal sebesar 34.88% yang termasuk dalam kriteria
kurang aktif. Pada siklus 1 persentase rat-rata aktivitas belajar fisika siswa secara
klasikal 54.80% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus 2
persentase rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal 62.80% yang tergolong
aktif.
Berdasarkan hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat
disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai
metode diskusi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1
Rambipuji.