• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF- PRODUKTIF DISERTAI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Anggraini_1.pdf (343.3Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Dewi Anggraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang gejala-gejala di alam semesta. Dalam pembelajaran fisika, perlu adanya proses belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil semester telah diperoleh data bahwa diantara 36 siswa terdapat 9 (25%) orang yang dinyatakan tuntas dan mendapat nilai ≥ 70, sedangkan 27 (75%) siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas. Berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA menunjukkan bahwa dari 36 siswa yang memakai sumber belajar 27,70% berupa LKS, mendengarkan penjelasan guru 53,70%, mencatat materi 62,04%, mengerjakan latihan soal 9,26%, bertanya pada guru 1,71%, menyampaikan pendapat 15,74%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi. Tahap pembelajaran ini adalah sebagai berikut: Orientasi (guru menjelaskan tujuan dan langka-langkah pembelajaran), Eksplorasi (siswa membaca, browsing lewat internet), Interpretasi (siswa berdiskusi), Re-kreasi (siswa membuat makalah), dan Evaluasi. Dengan demikian, strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi ini dapat digunakan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji, pengambilan subyek penelitian adalah kelas XI IPA sebanyak 36 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar. Rancangan penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah hasil post tes, skor aktivitas belajar siswa, skor aktivitas guru, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan dan setelah tindakan mengalami peningkatan. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 30.31% yaitu dari 45.45% menjadi 75.76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar 9.09% yaitu dari 75.76% menjadi 84.85%. Pada siklus I telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Aktivitas belajar fisika siswa melalui strategi pembelajaran kreatifproduktif disertai metode diskusi mengalami peningkatanPada pra siklus aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 34.88% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus 1 persentase rat-rata aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal 54.80% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus 2 persentase rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal 62.80% yang tergolong aktif. Berdasarkan hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6966
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository