dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar PKn, siswa kelas IVB SD Negeri
Mumbulsari 01 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : karena (1) metode
pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, (2) materi
yang di ajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, sehingga dalam
mengajar guru masih menggunakan teks book, (3) kegiatan pembelajaran belum
dirancang sistematis, (4) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya di jawab oleh
beberapa siswa saja, (5) dalam membentuk kelompok siswa masih memilih
sendiri sehingga tidak heterogen dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif,
(6) siswa masih mengerjakan sendiri tugas yang di berikan oleh guru sehingga
siswa yang lain kurang merasa tanggung jawab dan terlibat dalam kelompoknya.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pembelajaran yang di dalamnya
berorentasi pada belajar bersama dalam suatu kelompok kecil yang heterogen
dengan beranggotakan empat atau lima orang serta mengerjakan tugas dalam satu
lembar kerja dengan cara mendiskusikan bersama anggota kelompoknya. Mereka
dapat bekerja berpasangan dengan cara membandingkan jawaban-jawabannya,
mendiskusikan perbedaan yang ada, dan saling membantu satu sama lain saat
menghadapi jalan buntu. yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk
aktif menyelesaikan suatu masalah dan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk aktif menemukan dan membangun pengetahuan secara mandiri melalui
kerja kelompok (Teams ), Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan
pokok bahasan sistem pemerintahan pusat melalui penerapan pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IVB SD Negeri Mumbulsari 01
Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan mulai Maret sampai Mei 2012 di SD Negeri
Mumbulsari 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Subyek penelitian
siswa kelas IVB yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 21
siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, analisis aktivitas siswa
dalam pembelajaran kooperatif STAD siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan
siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran
kooperatif tipe STAD menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2)
ketuntasan hasil belajar siswa dengan kooperatif tipe STAD mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah
tuntas. | en_US |