• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    PUPUT SISKA WARDANI - 080210204036 (2)_1.pdf (221.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Puput Siska Wardani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: penyampaian materi sebagian besar dilakukan dengan metode ceramah tetapi hendaknya divariasikan dengan metode lain yang memungkinkan peserta didik untuk aktif, evaluasi yang diberikan hanya sebatas mengerjakan soal tulis saja. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran PAKEM. Masalah penelit ian ini dirumuskan sebagai berikut, (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelit ian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012. Penelit ian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi pembelajaran PAKEM. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Jember Lor 02, dimulai pada tanggal 02 April 2012 sampai 27 April 2012. Subyek penelit ian adalah siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 40 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran PAKEM menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 60%, dan pada siklus II mencapai 90%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal untuk siklus I 60% dari seluruh jumlah siswa, yang t idak tuntas 16 siswa. Untuk siklus II ada peningkatan, siswa yang t idak tuntas berkurang menjadi 5 siswa dengan persentase 87,5% secara klasikal. Kesimpulan dari penelit ian ini adalah penerapan strategi pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelit ian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelit ian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan strategi pembelajaran PAKEM sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6955
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository