Show simple item record

dc.contributor.authorNURUL FITRIYAH
dc.date.accessioned2013-12-09T14:16:09Z
dc.date.available2013-12-09T14:16:09Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100210274030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6953
dc.description.abstractPembelajaran yang nampak di SD Negeri Penambangan I memang belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan pengalaman belajar, hasil pembelajaran IPA di kelas IV ternyata nilainya rendah yaitu dengan nilai ketuntasan klasikal 68,75%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran IPA di kelas kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada semua siswa dan juga pengaruh sumber daya manusia siswa sendiri yang kurang begitu baik. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal tanpa adanya kegiatan dalam pembelajaran IPA dan guru juga jarang memberikan LKS. Hal ini sesuai dengan hasil ulangan harian siswa dengan ratarata kelas 60. Dengan kriterian ketuntasan minimal yang ditetapkan adalah 56. Siswa yang tuntas mendapatkan nilai hampir sempurna yaitu 80 hanya 5 orang dari 1 siswa dengan prosentase 6,25%, sedangkan siswa yang tidak tuntas berada di bawah nilai standart ketuntasan yaitu sekitar 5 orang dari 16 siswa dengan prosentase 31,25%. Dari data diatas, maka peneliti memberikan solusi dengan penerapan pendekatan discovery untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena penerapan pendekatan discovery melalui metode demonstrasi, eksperimen, dan diskusi kelompok dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan sosial, meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan melalui kegiatan percobaan dan diskusi kelompok serta yang paling penting, memberikan pengalaman belajar secara nyata dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 dengan pengambilan data yang mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2012 sampai 28 Mei 2012 bertempat di SDN Penambangan I dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2011/2012, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan discovery pada siklus I mencapai 75% sedangkan pada silkus II mencapai 100%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 87,5 % sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Sedangkan daya serap klasikal pada siklus I 68,13 % dan pada siklus II 76,06% Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IV SD Negeri Penambangan I Probolinggo telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 70% siswa telah mencapai nilai ≥ 56. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Penambangan I Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 dalam proses pembelajaran gaya dan energi. Hal ini terbukti pada siklus I diketahui 12,5% sangat aktif, 62,5% aktif dan 25% cukup aktif, sedangkan pada siklus II diketahui 43,75% sangat aktif dan 56,25% aktif. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Penambangan I Kec. Pajarakan Kab.Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran gaya dan energi. Hal ini dibuktikan pada siklus I terungkap daya serap klasikal sebesar 68,13% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%, pada siklus II daya serap klasikal sebesar 76,06% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274030;
dc.subjectAktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pendekatan Discoveryen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA DAN ENERGI DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV DI SDN PENAMBANGAN I SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record