dc.description.abstract | Permasalahan penelitian adalah apakah metode eksperimen berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonsari Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV yang
sebelumnya banyak dikaji menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
sedangkan desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental pola pre-test posttest
control
group
design.
Daerah penelitian yang digunakan adalah SDN Kebonsari 04 Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember berdasarkan metode purposive sampling area.
Populasi yang diambil adalah seluruh kelas IV SDN Kebonsari 04 yang terdiri
dari kelas IV A, IV B, IV C. Penentuan sampel menggunakan metode cluster
random sampling terhadap populasi yang telah dikenai uji homogenitas.
Berdasarkan perhitungan uji homogenitas yang didasarkan nilai ulangan harian,
didapat nilai = 1,2, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga
=2 dan = 122 pada taraf signifikansi 5 %. Nilai dengan
= 122 memiliki harga 3,1, sehingga dapat diketahui < = 1,2 < 3,1
dengan
yang berarti tingkat kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian
dinyatakan homogen. Selanjutnya ditentukan sampel penelitian dengan teknik
undian untuk mendapatkan dua kelas, kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas
IV C sebagai kelas eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui siswa lebih
senang dan aktif mengikuti pembelajaran IPA. Hasil dokumentasi terhadap nilai
hasil belajar (post-test dan pre-test) siswa dianalisis menggunakan teknik analisis
uji t.
Pengujian hipotesis jika t > 0,05 maka ditolak, jika t < 0,05 maka
diterima. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai = 4,23, Harga ini
dikonsultasikan dengan harga dengan db = + – 2 = 41 + 40 – 2 =
79, pada taraf signifikansi 5 %. Nilai 79 terletak antara 60 yang
mempunyai harga = 2,000 dan 120, diperoleh nilai = 2 sehingga
> , dengan demikian, hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada
pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa ditolak dan
hipotesis kerja ( ) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan metode eksperimen
terhadap hasil belajar siswa diterima. | en_US |