PENERAPAN ALGORITMA GREEDY DAN DYNAMIC PROGRAMMING PADA PERMASALAHAN INTEGER KNAPSACK
Abstract
Knapsack merupakan suatu permasalahan bagaimana memilih objek dari
sekian banyak objek dan berapa besar objek tersebut akan disimpan sehingga
diperoleh suatu penyimpanan yang optimal. Knapsack dapat diilustrasikan sebagai
suatu kantong atau media penyimpanan. Kantong atau media penyimpanan tersebut
hanya dapat menyimpan beberapa objek dengan batasan objek tersebut sama atau
lebih kecil dari kapasitas media penyimpannya. Terkadang keterbatasan manusia
dalam menyelesaikan masalah knapsack tanpa menggunakan alat bantu merupakan
salah satu kendala dalam pencarian solusi optimum. Dengan adanya algoritma
penyelesaian pada masalah integer knapsack diharapkan dapat membantu dalam
proses pemilihan barang. Dengan adanya proses pemilihan barang yang tepat maka
dapat membantu mendapatkan keuntungan maksimum.
Penelitian ini dilakukan di industri perdagangan UD. BINTANG TANI di Jl.
Yos. Sudarso Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pengambilan data dilakukan
dengan metode wawancara dan data yang diambil berupa data harga beli, harga jual,
dan banyaknya barang. Untuk menerapkan data tersebut dilakukan
pengidentifikasian untuk mencari keuntungan waktu. Hasil penelitian menunjukkan:
adalah
Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dari segi hasil algortima Dynamic
Programming lebih mencapai hasil yang maksimum daripada algoritma Greedy
tetapi dalam segi kompleksitas waktu algoritma Dynamic Programming mempunyai
kompleksitas waktu yang lebih besar daripada algoritma Greedy.