PEMODELAN PERMUKAAN BENDA RUANG MELALUI POLA UBIN SEGI ENAM BERATURAN DALAM BINGKAI LINGAKARAN DAN PERSEGI
Abstract
Penataan pola ubin yang disusun secara teratur di bidang dapat
membentuk bangun yang menarik. Susunan pola ubin tersebut memiliki beberapa
level kurva batas yang berbeda dan bentuknya masing-masing simetris.
Berdasarkan kurva batas di bidang dimaksud maka memungkinkan untuk dapat
dibangun beberapa permukaan benda ruang berbentuk simetris, sebangun, dan
bentuknya beragam. Masalahnya adalah bagaimana membangun pemodelan
permukaan benda ruang melalui data pola ubin segi enam beraturan dalam bingkai
lingakaran dan persegi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut: (a)
metetapkan data lingkaran dengan pusat O (x0,y0,z0) berjari-jari a satuan dan
persegi ABCD bersisi a satuan berpusat dititik O; (b) menetapkan bingkai
lingkaran dan persegi dari data langkah (a) ke dalam tiga level dan mengisi
poligon segi enam beraturan ke dalam masing-masing level tersebut; (c) poligon
yang tersusun hasil perlakuan (b) dideformasikan kebentuk bangun ruang dimensi
tiga agar terbangun bentuk permukaan benda ruang.Hasil penelitian diperoleh bahwa untuk mengkontruksi benda ruang melalui
pola ubin segienam beraturan dalam bingkai lingkaran atau persegi dapat dilakukan
sebagai berikut, pertama, menetapkan kurva batas masing-masing pola ubin di
bidang Z=0 dan kurva ketinggian sebanyak 4 (empat) tingkatan untuk batas
komponen benda ke arah vertikal (sumbu Z positip). Kedua, mentranslasikan dan
duplikasi kurva batas pola ubin segienam beraturan ke arah vertikal ataupun
dilatasi ke arah horisontal untuk mendefinisikan kurva batas masing-masing
komponen benda ke arah vertikal. Ketiga, Interpolasi linier antar dua kurva batas
berdekatan dari masing-masing komponen benda tersebut. Terakhir,
menginterpolasi linier dua kurva tersisa untuk mendapatkan permukaan alas,
tutup, ataupun penampang, dan permukaan yang lain dari benda.
Collections
- MT-Mathematic [100]