Analisis Perbedaan Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Nokia dan Samsung di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Perbedaan Keputusan Pembelian Produk
Handphone Merek Nokia dan Samsung di Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis
perbedaan yang signifikan pada variabel produk yang dipertimbangkan oleh
konsumen dalam melakukan pembelian produk handphone merek Nokia dan
Samsung di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember; 2) Untuk mengetahui dan
menganalisis perbedaan yang signifikan pada variabel harga yang
dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian produk handphone
merek Nokia dan Samsung di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember; 3)
Untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan yang signifikan pada variabel
promosi yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian
produk handphone merek Nokia dan Samsung di Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember; 4) Untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan yang
signifikan pada variabel produk yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam
melakukan pembelian saluran distribusi handphone merek Nokia dan Samsung di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pengguna handphone merek Nokia dan Samsung di Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 120 orang. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 4
variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan. Analisis ini
digunakan untuk menganalisis data dimana variabel tergantungnya adalah data
kategori, sedangkan variabel bebasnya bukan kategori, karena variabel
tergantungnya merupakan variabel kategori, maka variabel tergantung bersifat
setara dan mutually exclucive. Analisis diskriminan, disamping berfungsi untuk
menemukan besarnya nilai perbedaan antara beberapa kelompok atau kategori
yang diukur dari beberapa variabel penentu (diskriminator) juga berfungsi untuk
menentukan besarnya nilai peranan (alokasi) tiap diskriminator pada tiap kategori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tidak terdapat perbedaan yang
signifikan pada variabel produk yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian produk handphone merek Nokia dan Samsung di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan
pada variabel harga yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan
keputusan pembelian produk handphone merek Nokia dan Samsung di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember; 3) Tidak terdapat perbedaan yang
signifikan pada variabel promosi yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian produk handphone merek Nokia dan Samsung di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember; 4) Terdapat perbedaan yang signifikan
pada variabel saluran distribusi yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian produk handphone merek Nokia dan Samsung di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.