Pengaruh Atribut Produk, Harga Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Smartphone Blackberry Ke Merek Lain Berbasis Android Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember (The Influence of Product Attributes, Prices and Variety Seeking to Brand Switching Blackberry Smartphone to Other Brand Based Android on Students Management Faculty of Economic University of Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk (kualitas produk, fitur produk, desain produk), harga dan variety seeking terhadap Brand Switching smartphone Blackberry ke merek lain berbasis Android pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang tidak melakukan Brand Switching atau yang telah melakukan Brand Switching smartphone Blackberry ke merek lain berbasis Android. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampelnya ditentukan sebanyak 124 responden, yang merupakan 10% dari jumlah mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2011-2014 yaitu sebanyak 1239 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) a variable attribute products on the product quality shown to be just factors performance products influential, 2) variabel fitur produk terbukti hanya faktor kecanggihan fitur yang berpengaruh dan, 3) variabel desain produk terbukti hanya faktor banyaknya pilihan warna yang berpengaruh, 4) variabel harga terbukti kedua faktornya berpengaruh dan 5) variabel variety seeking terbukti kedua faktornya tidak berpengaruh terhadap Brand Switching smartphone Blackberry ke merek lain berbasis Android.