Show simple item record

dc.contributor.authorMARIA
dc.date.accessioned2013-07-19T01:36:57Z
dc.date.available2013-07-19T01:36:57Z
dc.date.issued2013-07-19
dc.identifier.nimNIM070210193140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/689
dc.description.abstractPembelajaran Biologi selama ini terkesan monoton dan kurang menarik minat dan keinginan belajar siswa. Oleh karena itu, untuk memacu motivasi dan hasil belajar siswa maka pembelajaran Biologi harus disampaikan dengan metode dan media yang menarik. Berkembangnya media dalam pendidikan, banyak membantu guru dalam proses belajar mengajar serta siswa dapat menerima pelajaran melalui berbagai cara dengan menggunakan berbagai media. Secara umum media yang dapat dipakai untuk interaksi pembelajaran pengembangan pengetahuan siswa yaitu dengan media visual dan media audio Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dengan diskusi kelompok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorambi Jember. Motivasi belajar siswa diukur melalui analisis persentase motivasi belajar yang dilakukan dengan cara angket ARCS yang dibagikan kepada siswa dan observasi yang kemudian dihitung menggunakan rumus persentase motivasi belajar siswa. Hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) diukur melalui tes dan observasi yang kemudian dijadikan data untuk dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan nilai kognitif, afektif, dan psikomotor antara kelas yang menggunakan media audio visual dan kelas yang menggunakan media yang biasa digunakan disekolah tersebut yaitu carta dan torso. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh persentase motivasi intrinsik mengalami peningkatan sebesar 14,37% dan persentase motivasi ekstrinsik mengalami peningkatan sebesar 15,58% untuk kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual sedangkan persentase motivasi intrinsik mengalami peningkatan sebesar 11,71% dan persentase motivasi ekstrinsik mengalami peningkatan sebesar 59,24% untuk kelas kontrol yang menggunakan media yang biasa digunakan disekolah tersebut yaitu carta dan torso. Berdasarkan hasil uji ttest diketahui bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu, pada kelas eksperimen rata-rata nilai kognitif 65,85 menjadi 78,74, sehingga persentase peningkatan nilai kognitif sebesar 12,89%, rata-rata nilai afektif 66,63 menjadi 76,74, sehingga persentase peningkatan nilai afektif sebesar 10,11%, dan rata-rata nilai psikomotor 66,63 menjadi 76,19, sehingga persentase peningkatan nilai psikomotor sebesar 9,56%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193140;
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN, AUDIO VISUAL, DISKUSI KELOMPOK, MOTIVASI, HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKORAMBI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record