Faktor Psychografis Mahasiswa Universitas Jember dalam Pembelian Makanan Cepat Saji Chicken Bezt Fried Chicken (C'Bezt) Kota Jember Psychographic Facktor Of Jember University College Students In The Purchases Of Fast Food Chicken Bezt Fried Chicken (C'Bezt) Jember City
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh psychologis mahasiswa Universitas Jember dalam pengambilan keputusan pembelian makanan cepat saji Chicken Bezt Fried Chicken (C'Bezt) kota Jember. Pendekatan riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dengan cara menemui salah satu informan sebagai informan kunci dan akan berlanjut pada informan-informan selanjutnya sampai peneliti mendapatkan data-data yang dibutuhkan secara lengkap serta tidak lagi mendapat variasi jawaban atau mencapai titik jenuh. Metode analisis menggunakan analisis model Miles and Huberman (1984). Hasil dari analisis yang dilakukan menyatakan bahwa motivasi mahasiswa Universitas Jember melakukan pembelian ialah dikarenakan harga yang murah dan cita rasa yang enak. Persepsi akan pelayanan karyawan bagus, kebersihan restoran terjaga, menu cukup bervariasi, pembelajaran yang didapatkan yaitu rasa makanan yang enak sehingga konsumen belajar bahwa C'Bezt merupakan restoran yang cocok untuk dijadikan langanan, dan sikap yaitu mahasiswa puas dan akan melakukan pembelian ulang di masa depan.