ANALISIS TINGKAT LOYALITAS MEREK MIE INSTAN DI KOTA SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Loyalitas Merek Merek Mie Instan Di
Kota Situbondo”, dan untuk menganalisis kemungkinana perpindahan merek mie
instan merek Indomie, Supermie, dan Mie Sedaap di Kota Situbondo. Penelitian
ini menggunakan data primer yang diambil dari responden atas kuesioner yang
telah dibagikan kepada masyarakat Situbondo yang sedang mie instan merek
Indomie, Supermie, dan Mie Sedaap. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan Purpose Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis pengujian instrumen, yaitu uji
validitas Person Product Moment, uji Reability Cronbach’s Alpha. Metode
analisisi data yang digunakan adalah rata-rata, standar deviasi, Piramida Brand
Loyalty dan Brand Switching Pattern Matrix. Berdasarkan analisis Brand Loyalty
(Loyalitas merek) mie instan merek Indomie, Supermie, dan Mie Sedaap telah
memiliki tingkat loyalitas merek yang mendekati tingkat loyalitas merek yang
kuat. mie instan merek Indomie memiliki konsumen terbanyak pada tingkat
Liking The Brand sebesar 64%, Mie Instan Supermie memiliki konsumen
terbanyak pada tingkat Liking The Brand sebesar 68.6% dan Mie Instan Mie
Sedaap memiliki konsumen terbanyak pada tingkat Liking The Brand sebesar
55%. Berdasarkan matrik perpindahan merek (Brand Switching Pattern Matrix),
mie instan merek Indomie memiliki tingkat kemungkinan perpindahan merek
sebesar 57,59%, Mie Instan Supermie memiliki tingkat kemungkinan perpindahan
merek sebesar 55,96% dan Mie Instan Mie Sedaap memiliki tingkat kemungkinan
perpindahan merek sebesar 91,63%. Berdasarkan piramida brand mie instan
merek Indomie jumlah konsumen terbanyak pada tingkat Liking the Brand sebesar
64%, mie instan merek Indomie memiliki jumlah konsumen terbanyak pada
tingkat Liking the Brand sebesar 68,6% dan Mie Instan Mie Sedaap memiliki
jumlah konsumen terbanyak pada tingkat Liking the Brand sebesar 55%.