• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA- Sains And Technology
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA- Sains And Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN KEKUATAN JEMBATAN RANGKA BAMBU TIPE PRATT, PARKER, DAN BROWSTRING DALAM MENERIMA BEBAN YANG SAMA DAN HASIL PENERAPANNYA PADA MATERIAL BAMBU

    Thumbnail
    View/Open
    Dixy Clasicadomi.pdf (274.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    Clasicadomi, Dixy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kota Jember secara geografis memiliki posisi yang sangat strategis dengan berbagai potensi sumber daya alam yang potensial. Daerah-daerah Jember yang sebagian besar dibatasi oleh sungai didirikan jembatan, baik yang modern maupun sederhana. Untuk jembatan sederhana banyak menggunakan jembatan yang material utamanya adalah bambu. Fungsi jembatan sendiri yakni sebagai prasarana yang melewatkan lalu lintas yang terputus akibat adanya sungai, selat, jalan, dan lain-lain. Berdasarkan kenyataan tersebut penelitian lebih lanjut dilakukan untuk membandingkan kekuatan tiga tipe jembatan rangka bambu, yaitu tipe Pratt, Parker , dan Browstring. Ketiga tipe jembatan rangka tersebut akan menerima beban yang sama sebesar 1 -4 ton, dan simulasi pembebanan menggunakan program analisa struktur. Setelah didapatkan hasil gayagaya dalam dihasilkan bahwa jembatan rangka Pratt dengan bentang 20m, lebar 5m dan tinggi 4 m merupakan rangka yang terkuat. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai gaya aksial dan lendutan terkecil sebesar 0.024622 m, nilai ini lebih kecil dan masih berada di bawah nilai lendutan izin sebesar 0.025 m diantara Parker dan Bowstrig saat dibebani 4 ton. Untuk nilai tegangan tarik maksimum pada program analisa struktur didapat 139.442 kg/ cm2, nilai ini lebih kecil 54,12% dari hasil tegangan hancur rata-rata saat pengujian sebesar 303,9075 kg/ cm2. Sedangkan tegangan tekan maksimum dari program analisa struktur didapat 219.688 kg/ cm2, nilai ini lebih besar 26,16% dari hasil tegangan tekan rata-rata pada saat pengujian sebesar 174,134 kg/ cm2 sehingga apabila jembatan rangka Pratt diberi pembebanan melebihi 4 ton, rangka tersebut tidak bisa mendukung gaya aksial dan lendutan yang terjadi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68920
    Collections
    • SRA- Sains And Technology [151]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository