Framing Analysis on Printed Bag Advertisements Used as Communicative Strategy with Customer (Analisis Framing pada Iklan Cetak Produk Tas yang digunakan sebagai Strategi Komunikasi dengan Pelanggan )
Abstract
Artikel ini merupakan analisis terhadap teks tulis, terutama pada lima iklan tas cetak. Kita dapat menemukan katalog pada iklan cetak. Katalog merupakan salah satu cara untuk mempromosikan dan mengumumkan suatu produk pada masyarakat. Pada kasus ini, katalog biasanya digunakan untuk membuat pelanggan tertarik pada suatu produk, kemudian setelah melihat katalog tersebut mereka akan membelinya. Di dalam katalog juga terdapat gambar dan tulisan. Dalam artikel ini, analisis framing digunakan sebagai teori utama di dalam kasus ini untuk menganalisis lima macam iklan cetak. Analisis framing mempunyai dua macam perangkat: framing devices dan reasoning devices. Elemen linguistik digunakan untuk menganalisis tulisan di dalam katalog, yang didalamnya terdapat Nominal Grup dan Metaphor. Sedangkan elemen visual menganalisis arti dari warna, posisi dari gambar, dan posisi tulisan. Hasilnya mengindikasikan bahwa elemen linguistik dan visual memiliki efektivitas untuk menganalisis pesan yang tersembunyi dalam iklan cetak. Elemen tersebut juga dapat menjadi cara untuk menarik perhatian pelanggan agar membeli produk tersebut.
Collections
- SRA-Humanities [343]