PENETAPAN KOMBINASI OPTIMAL PENGGUNAAN MEDIA ADVERTENSI PADA PT. HM SAMPOERNA SURABAYA
Abstract
"Penelitian yang berjudul'' Penentuan Kombinasi Optimal Penggunaan Media advertensi Pada PT. HM Sampoerna Surabaya", bertujuan untuk mengetahui pengaruh (efektivitas) dari masing-masing media advertensi terhadap penjualan rokok serta untuk menentukan kombinasi penggunaan media advertensi yang optimal baik ditinjau dari sisi efektivitas dan efisiensi biaya pada PT. HM. Sampoema Surabaya.
Penelitian ini dilaksanakan pada pabrik rokok PT. HM, Sampoerna Surabaya, dan untuk mengukur efektivitas frekuensi penggunaan masing-masing media periklanan terhadap penjualan rokok digunakan metode analisis regresi dengan pengujian signifikasi simultan dan pengujian signifikansi parsial. Metode lain yang digunakan adalah metode analisis program dinamis untuk menentukan kombinasi optimal penggunaaan media periklanan dengan orientasi keuntungan maksimal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan empat media advertensi (surat kabar, media majalah, media radio, media televisi) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap penjualan rokok akan tetapi secara parsial hanya media majalah dan media televisi yang berpengaruh signifikan terhadap penjualan rokok, sedangkan dari aplikasi program dinamis dapat ditentukan kombinasi frekuensi penggunaan kedua media advertensi pada masing-masing pasar regional sehingga didapatkan keuntungan kotor dari media advertensi yang bisa dicapai adalah sebesar Rp.54.721.759.060.000,00; yang berarti jumlah keuntungan telah memenuhi target minimal seperti yang ditentukan oleh manajemen PT. HM. Sampoema Surabaya .