Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Konsumen dalam Membeli Rumah di Taman Gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempunyai pengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap minat konsumen dalam membeli rumah di Taman Gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember, sehingga dapat diketahui variabel yang paling dominan terhadap minat komsumen dalam membeli rumah di Taman gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability sampling yaitu stratified random sampling, yang dilakukan stratifikasi atau pemisahan yang diikuti dengan pemilihan secara random subjek dari setiap stratum atau kelompok, sehingga dapat ditentukan sampel yang yang diambil sebanyak 68 orang responden. Karakteristik konsumen rumah tipe 38,48,58 dan 70 di perumahan Taman Gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember sebagaian besar konsumen berusia diatas 40 tahun, berstatus kawin atau sudah berkeluarga, bekerja sebagai pegawai negeri, tingkat pendidikan Akademi / Universitas dan mempunyai tingkat pendapatan antara Rp 750.000 - Rp 1.000.000 per bulan. Model analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, koefisien determinasi berganda dan koefisien determinasi parsial.
Hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa variabel bauran pemasaran yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) secara simultan mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap minat konsumen dalam membeli rumah di Taman Gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung lebih besar dari F tabeI (17,174 > 2,51) atau nilai signifikant yang lebih kecil dari α (0,000 < 0,05). Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa variabel harga (price) paling dominan mempengaruhi minat konsumen dalam membeli rumah di Taman gading PT. Bukit Megagriya Makmur Jember, dibuktikan dengan nilai koefisien determinan parsial (r) pada variabel harga (price) sebesar 0,426 yang terbesar dibandingkan nilai ketiga variabel lainnya.