VARIABEL-VARIABEL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENYEWA KAMAR DI HOTEL BANDUNG PERMAI JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Hotel Bandung Permai Jember khususnya pada bagian marketing, penelitian ini mengambil  judul "VARIABEL-VARIABEL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENYEWA KAMAR DI HOTEL BANDUNG PERMAI JEMBER". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel harga, service dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam menyewa  kamar di Hotel Bandung Permai Jember dan untuk mengetahui variabel yang  mempunyai hubungan dominan terhadap keputusan konsumen dalam menyewa kamar di Hotel Bandung Permai Jember. Metode analisa data yang digunakan  adalah dengan menggunakan metode  analisa Chi Square.
Berdasarkan hasil analisa tersebut  diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang nyata antara variabel  harga, variabel  service dan variabel promosi terhadap  keputusan konsumen dalam menyewa  kamar di Hotel Bandung Permai Jember  yang ditunjukkan oleh nilai Chi Square hitung dari masing-masing Variabel   (harga = 12,5960, service =  19,3566 dan  promosi = 13,0560) lebih besar dari nilai Chi Square tabel sebesar 12,592. Variabel service mempunyai hubungan yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam menyewa kamar di    Hotel Bandung Permai Jember yang ditunjukkan oleh nilai koefisien kontigensi yang paling tinggi (0,493) dibandingkan dua variabel lainnya (harga = 0,416 dan promosi = 0,422).
Berdasarkan uraian diatas dapat disarankan bahwa pihak manajemen hotel sebaiknya mempertahankan variabel. Service yang mempunyai hubungan yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam menyewa kamar di  Hotel  Bandung Permai Jember. Meskipun variabel harga dan variabel promosi  mempunyai hubungan tidak seerat varibel  service namun pihak manajemen hotel  tidak boleh mengabaikan begitu saja kedua  variabel tersebut.
