Analisis Peningkatan Volume Penjualan melalui Kebijaksanaan Promosi Penjualan dan Advertensi pada PT. Zebra Agrindo Utama Kalisat di Jember.
Abstract
Promosi penjualan dan advertensi merupakan salah satu usaha yang mendorong pembelian pada konsumen,  selain juga digunakan perusahaan   dalam menghadapi persaingan dengan  perusahaan yang lain. Penelitian ini  dilakukan atas dasar kebutuhan suatu   perusahaan akan sarana promosi yang   tepat dan memadai, serta akan digunakan  pada masa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan di PT Zebra Agrindo Utama Kalisat. Dalam penelitian    ini digunakan data primer, yang  diperoleh dari perusahaan dimana penelitian diadakan dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan obyek yang  diteliti. Produk yang diteliti adalah produk  utama yaitu Zebra Merah, Zebra Hijau  dan Mahkota Cor. Sedangkan tahun yang diteliti  adalah tahun 1996 - 2001.
Dalam penelitian ini digunakan analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien   Determinasi (R2), Analisis Korelasi (r) dan Pengujian Hipotesa, Hasil penelitian   mendeskripsikan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara promosi penjualan, periklanan dan peningkatan volume penjualan. Sedangkan korelasi yang ditunjukkan positif, hal itu berarti apabila promosi penjualan dan periklanan ditingkatkan maka volume penjualan akan meningkat pula. Dari hasil analisis koefisien parsial  menunjukkan bahwa variabel periklanan mempunyai pengaruh yang lebih dominan bila dibandingkan dengan   promosi penjualan,
Berdasarkan hasil penelitian pada skripsi ini bahwa keuntungan yang maksimal akan diperoleh dengan melakukan prioritas pengeluaran.  Prioritas yang pertama adalah lebih meningkatkan pada periklanan kemudian  promosi penjualan. Kombinasi yang optimal diharapkan akan lebih  meningkatkan volume penjualan yang pada akhirnya akan meningkatkan   keuntungan  perusahaan.