PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP JUMLAH SISWA PROGRAM PAKET PADA LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER PPKIA JEMBER
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Promotional Mix Terhadap Jumlah Siswa Program Paket pada Lembaga Pendidikan Komputer PPKlA Jember dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel promotional mix terhadap jumlah siswa program paket lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember, serta untuk mengetahui variabel promotional mix manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap jumlah siswa program paket.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian diskriptif, dimana mencoba memberikan paparan mengenai pengaruh antara variabel-vribel promotional mix terhadap jumlah siswa program paket lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa secara simultan variabel-variabel promotional mix berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah siswa program paket lembaga pendidikan PPKIA Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung yang lebih besar daripada tabel dari output SPSS menunjukkan bahwa hitung sebesar 107,885 yang jauh lebih besar dari F tabeI yang sebesar 2,60. Nilai determinasi berganda menunjukkan angka sebesar 0,842 atau dapat diartikan bahwa variasi perubahan dari jumlah siswa program paket lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember sebesar 84,2 % dipengaruhi oleh perubahan pada variabel promotional mixnya sedangkan sisannya sebesar 15,8 % dipengaruhi oleh variabel-vaiabel non promotional mix.
Secara parsial variabel-variabel promotioal mix mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap jumlah siswa program paket lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung untuk variabel iklan sebesar 10,322, personal selling sebesar 3,817, dan promosi penjualan sebesar 3,290 yang lebih besar dam nilai t tabel sebesar 2,000. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa t hitung berada di daerah penolakan Ho (t hitung > t tabel atau t hitung < t tabel), yang berarti bahwa secara parsial variabel-variabel promotional mix mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap jumlah siswa program paket lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember. Penelitian ini juga memberikan petunjuk bahwa variabel iklan merupakan variabel promotional mix yang paling berpengaruh terhadap variasi (perubahan) jumlah siswa program paket pada lembaga pendidikan komputer PPKIA Jember. Hal ini dibuktikan dengan angka determinasi parsial (r2) dari variabel iklan yang sebesar 0,81 atau dalam persen sebesar 81 % yang lebih besar dari nilai r2 variabel promotional mix yang lain.