dc.contributor.author | Siti Nuraini | |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T07:42:48Z | |
dc.date.available | 2013-12-09T07:42:48Z | |
dc.date.issued | 2013-12-09 | |
dc.identifier.nim | NIM080210204159 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6858 | |
dc.description.abstract | Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan,
secara berurutan yaitu 71,94% dalam kategori aktif dan 77,04% dalam kategori
sangat aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar
siklus I sebesar 77,55% dengan 11 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam
kategori tuntas secara klasikal; dan siklus II sebesar 85,71% dengan 7 siswa belum
tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis
tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa selama
pembelajaran IPA menggunakan model discovery (penemuan terbimbing) mengalami
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2)
Pembelajaran IPA menggunakan model discovery (penemuan terbimbing) dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 01 Kecamatan
Mumbulsari Kabupaten Jember.
Saran dari penelitian adalah: 1) dapat meningkatkan mutu pendidikan SDN
Lengkong 01; 2) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam
pembelajaran; 3) dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu
yang baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210204159; | |
dc.subject | IPA, Energi Panas, Model Discovery | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY DI SDN LENGKONG 01 KEC. MUMBULSARI KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |