HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK PAUD KARTINI DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Dewasa ini, dengan perubahan yang radikal dalam pendidikan anak usia dini,
didorong dengan perilaku orang tua yang berlebihan terhadap anak-anaknya seakan
menjadikan seorang anak pada usia dini lebih bergantung dan takut untuk berinteraksi
dengan yang ada di sekelilingnya. Perbedaan status keluarga dari setiap orang tua
dapat juga mendorong pembentukan kepribadian seorang anak. Perbedaan pola asuh
yang diterapkan orang tua dapat mempengaruhi sikap kemandirian anak dalam
belajar dan berinteraksi sosial.
Pola asuh adalah cara orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya
dengan cara dan tipe tersendirinya yang fungsinya adalah untuk membentuk
kepribadian anak dengan baik, sedangkan kemandirian merupakan sikap mandiri
yang tidak bergantung kepada orang lain. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan
kemandirian peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD) Kartini di Kecamatan
Sukodono Kabupaten Lumajang. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak PAUD. Metode yang
digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif
karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara pola asuh orang tua
dengan kemandirian anak dengan jumlah Responden 22 orang tua dengan teknik
populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk pola asuh
orang tua yang diberikan kepada orang tua dan observasi untuk kemandirian peserta
didik yang dilakukan oleh peneliti sendiri kepada peserta didik PAUD Kartini