PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ROTI CANDY BANGKALAN MADURA
Abstract
Strategi pemasaran merupakan suatu yang mutlak di butuhkan oleh sebuah perusahaan untuk menghadapi suatu persaingan. Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan sebuah perusahaan akan sebuah altematif strategi pemasaran sebagai hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Penelitian ini dilakukan di perusahaan roti Candy Bangkalan. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan sekunder, baik dari perusahaan roti Candy sendiri maupun dari perusahaan lain yang menjadi pesaing, instansi terkait, juga diambil data dari berbagai literatur sebagai penunjang dan pelengkap.
Dalam penelitian ini digunakan analisis SWOT dan analisis QSPM sebagai alat analisis. Perhitungan dengan analisis SWOT dan QSPM menghasilkan beberapa alternatif faktor-faktor strategis dari perusahaan roti Candy Bangkalan, diantaranya adalah perusahaan roti Candy memiliki kekuatan dalam internal perusahaannya, yang mana hal tersebut bisa menjadi daya saing tersendiri bagi perusahaan roti Candy Bangkalan. Selain memiliki kekuatan perusahaan roti Candy Bangkalan juga memiliki kelemahan-kelemahan, yang harus diatasi dan peluang yang harus dimanfaatkan, serta adanya ancaman ekstemal yang harus dihadapi. Faktor-faktor itulah yang pada akhimya dapat menjelaskan posisi perusahaan roti Candy di daerah Bangkalan dan sekitarnya.
Strategi yang dihasilkan dalam skripsi ini adalah strategi stabilitas yang mana bentuk dari strategi tersebut meliputi pemantapan saluran distribusi, mempertahankan mutu pelayanan, efisiensi biaya operasional dan mengoptimalkan promosi dengan menggunakan media yang ekonomis, serta mengintensifkan kerjasama dengan pihak hotel maupun kantor untuk menyediakan jasa katring dan souvenir.