ANALISIS EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN DAN PENDAPATAN PETANI CABAI KECIL DI DESA DADAPAN KECAMATAN GRUJUGAN KABUPATEN BONDOWOSO MUSIM TANAM TAHUN 2001
Abstract
Penelitian mengenai "Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran dan Pendapatan Petani Cabal Kecil di Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Musim Tanam Tahun 2001" bertujuan untuk mengetahui keuntungan atau pendapatan bersih yang diterima pelaku pemasaran pada masing-masing saluran distribusi pemasaran, efisiensi saluran distribusi pemasaran, penyebaran keuntungan dan perbedaan nyata rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran I, II dan III.
Saluran distribusi pemasaran yang terdapat di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso terdapat tiga saluran distribusi pemasaran yang terbagi dalam saluran distribusi pemasaran I, saluran distribusi pemasaran II dan saluran distribusi pemasaran III. Metode pengambilan sampel mengunakan metode Proportional Snowballing Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dari sejumlah populasi. Untuk mengetahui tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran digunakan rumus MP = MBP + MK (Departemen Perdagangan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri 1984 : 85), untuk mengetahui penyebaran keuntungan pelaku pemasaran pada masing-masing saluran distribusi pemasaran digunakan rumus KV (Irlan, 1987 : 122) dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran yang diperbandingkan digunakan uji-F (Hird dan Rahily ,1990: 863 - 865)
Hasil dari penelitian ini menunjukkan saluran distribusi pemasaran II mempunyai keuntungan paling besar yaitu Rp 6.322.506,43 dan merupakan saluran distribusi pemasaran yang paling efisien dengan margin pemasaran 43,7 %. Penyebaran keuntungan yang paling merata adalah saluran distribusi pemasaran I yang menunjukan nilai koefisien variasi sebesar 3,05 %. Hasil uji - F menunjukan besarnya F hitung 0,82 lebih kecil dari F tabel 3,11 sehingga tidak ada perbedaan nyata rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran I,II dan III maka hasil dari uji - F tidak signifikan.