• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN DAN PENDAPATAN PETANI CABAI KECIL DI DESA DADAPAN KECAMATAN GRUJUGAN KABUPATEN BONDOWOSO MUSIM TANAM TAHUN 2001

    Thumbnail
    View/Open
    Ariyanti 970810101242.pdf (36.11Mb)
    Date
    2015-12-22
    Author
    ARIYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian mengenai "Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran dan Pendapatan Petani Cabal Kecil di Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Musim Tanam Tahun 2001" bertujuan untuk mengetahui keuntungan atau pendapatan bersih yang diterima pelaku pemasaran pada masing-masing saluran distribusi pemasaran, efisiensi saluran distribusi pemasaran, penyebaran keuntungan dan perbedaan nyata rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran I, II dan III. Saluran distribusi pemasaran yang terdapat di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso terdapat tiga saluran distribusi pemasaran yang terbagi dalam saluran distribusi pemasaran I, saluran distribusi pemasaran II dan saluran distribusi pemasaran III. Metode pengambilan sampel mengunakan metode Proportional Snowballing Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dari sejumlah populasi. Untuk mengetahui tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran digunakan rumus MP = MBP + MK (Departemen Perdagangan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri 1984 : 85), untuk mengetahui penyebaran keuntungan pelaku pemasaran pada masing-masing saluran distribusi pemasaran digunakan rumus KV (Irlan, 1987 : 122) dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran yang diperbandingkan digunakan uji-F (Hird dan Rahily ,1990: 863 - 865) Hasil dari penelitian ini menunjukkan saluran distribusi pemasaran II mempunyai keuntungan paling besar yaitu Rp 6.322.506,43 dan merupakan saluran distribusi pemasaran yang paling efisien dengan margin pemasaran 43,7 %. Penyebaran keuntungan yang paling merata adalah saluran distribusi pemasaran I yang menunjukan nilai koefisien variasi sebesar 3,05 %. Hasil uji - F menunjukan besarnya F hitung 0,82 lebih kecil dari F tabel 3,11 sehingga tidak ada perbedaan nyata rata-rata keuntungan pelaku pemasaran pada saluran distribusi pemasaran I,II dan III maka hasil dari uji - F tidak signifikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68490
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository