• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA ASLI PADA SISWA KELAS V SDN 3 DASRI KECAMATAN TEGALSARI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Maymunah.pdf (212.1Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Siti Maymunah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Dasri yang terdiri dari 21 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2011 sampai 03 Maret 2011 dengan subjek penelitian kelas V SDN 3 Dasri. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa , aktivitas guru, dan nilai hasil belajar siswa pada saat penerapan metode eksperimen menggunakan media benda asli. Hasil analisis aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 84% di siklus II, aktivitas guru juga meningkat dari rata-rata 72% di siklus I meningkat menjadi 84,5% pada siklus II. Analisis nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62% menjadi 86% pada siklus II, berdasarkan hasil tersebut secara klasikal siswa kelas V mencapai peningkatan nilai hasil belajar sebesar 24%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase rata-rata sikus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 84%. Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Dasri yaitu mencapai persentase sebesar 62% pada siklus I dan 86% pada siklus II, sehingga meningkat sebesar 24%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6841
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository