• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSPLORASI ASPEK KEBAHASAAN DAN NONKEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN PLUS SUKOWONO

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Aditya Krisna_001.pdf (861.0Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Dwi Aditya Krisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca sebagai salah satu dari empat orientasi keterampilan berbahasa merupakan salah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa sejak mengenal bangku sekolah. Namun kenyataannya keterampilan membaca siswa saat ini masih sangat rendah. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, SMAN Plus Sukowono, khususnya kelas XI IPA 1, diketahui bahwa keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membacakan berita, masih rendah baik dari dari segi aspek kebahasaan maupun nonkebahasaannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membacakan berita perlu dilakukan dengan cara pembelajaran yang menyenangkan, serta bisa menempatkan siswa tidak hanya sebagai objek , namun justru sebagai subjek yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan adalah adalah salah satu pembelajaran yang dianggap tepat sehingga sepakat untuk dicobaterapkan oleh guru dan peneliti dalam pembelajaran ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimanakah proses penerapan pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang dapat meningkatkan keterampilan membacakan berita siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono?; (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono dalam membacakan berita setelah penerapan pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan? Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai dari prasiklus, siklus ke-1, dan siklus ke-2. viii Penerapan model pembelajaran eksplorasi ini mulai mulai diterapkan pada siklus ke- 1 dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMAN Plus Sukowono, Jalan Sumberkalong, Sumberwaru, Sukowono, Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6827
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository