Cost Volume Profit Analysis Sebagai Dasar Penyusunan Perencanaan Laba Dalam Kondisi Ketidakpastian Pada CV Riyadi Denpasar
Abstract
Laba scbagai salah satu tujuan pcrusahaau mcrupakau selisih dari
pendapatan dan pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan, Deugau laba, perusahaan
akan mcmiliki kemampuan untuk berkcuibang dau tetap mampu m.empertahankan
eksistensinya sebagai suatu SistemIDdi masa yang akan dntang. Dalam mencapai laba,
perusahaan mengeluarkan biaya yang dalam arti luas adalah pengorbanan sumber
sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang
kemunglcinan akan terjadi untuk tujuan tertcntu. Laba dan biaya dalam hal ini
dipougaruhi oleh besarnya volume kcgiatan. Ukurau dan volume kegiatan atau
keluaran ini adalah jumlah unit yang diproduksi atau unit yang dijual.
Kondisi ekonomi yang ruerupakan faktor uncontrollable bagi perusahaan
bcrpcngaruh tcrhadap kegiatan perusahaan. Hal ini menyebabkan ketidakpastian
terhadap Iaktor-faktor penentu laba yaitu bcsarnya besamya penghasilan dan
pengeluaran, Perubahan tingkat penghasilan tergantuag dan harga dan volume
pcnjualan yang mcnghadapi kemungkinan ketidakpastian .. Dan ketidakpastian volume
penjuaJan ini berpengaruh pula tcrhadap besarnya biaya yang dikelua.rlcan., sehingga
kctiga Iaktor tcrsebut harus dipcrhituugkan kcmungkinan ketidakpastiannya dalam
menyusun perencanaan laba.
Perencanaan laba untuk periode akuntansi tertenlu akan berhubungan deugan
percncauaan alas penjualan dan biaya pada periode yang bersangkutan,
Berhubuugan dengan hal tcrsebut maka pihak manajcmcn pcrlu mengctahui sebcrapa
besar laba yang akan dipcroleh dengan volume penjualan minimum barns dicapai
supaya perusahaan tidak mcnderita kerugian. Secara umum laba mcrupakan ukuran
sukscs tidaknya pelaksanaan tugas-tugas yang dilakukan oleh manajemen, sehingga
agar perusahaau dapat mencapai laba yang diinginkan maka pcrusahaan pcrlu
menyusun perencanaan laba dengan memperhatikan perencanaan volume penjualan
dan biaya yang cfisien, Uniuk mcuyusun perencanaan laba perusahaan perlu
mcngevaluasi hubungan-hubungan anlara volume penjualan dan biaya serta pengaruh
perubahnn kedua variabel tersebut tcrhadap laba perusahaan, sehingga perusahaan
perlu mcnggunakau cost volume profit analysis dengan peudekataa probabilistik.