• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 KECAMATAN PUGER

    Thumbnail
    View/Open
    Sigit Kurniawan.pdf (193.9Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Sigit Kurniawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mepunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui penerapan pembelajaran IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV (2) mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran IPS dengan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Kecamatan Puger (3) mengethui ketuntasan belajar setelah mengikuti pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Kecamatan Puger. Penelitian dilaksanakan di SDN Mlokorejo 01 yang terdiri dari 25 siswa, 9 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan aktivitas siswa, aktivitas dan tes individu. Berdasarkan aktivitas data yang diperoleh dari hasil observasi bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran perkembangan teknologi menggunakan Media Gambar adalah: pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa 76% dan siklus II 92%. Dari hasil yang sudah dulakukan bahwa peningkata aktivitas dari siswa adalah 16%. Kesimpulan dari penelitian adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6822
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository