IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji Jember)
Abstract
Pendidikan adalah proses interaksi antara guru dan siswa, yang bertujuan
meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat
dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkinkan
terjadinya belajar dan perkembangan (Dimyati, 1996:6). Pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik bergantung pada dua unsur yang saling mempengaruhi,
yakni bakat yang dimiliki oleh peserta didik sejak lahir, dan lingkungan yang
mempengaruhi hingga bakat itu tumbuh dan berkembang (Hamalik, 2003:3).
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi
belajar dengan penerapan Model Cooperative Learning Teknik ARIAS dengan
metode praktikum pada siswa kelas X.3 semester di SMA Negeri 1 Rambipuji
Jember, serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan
Model Cooperative Learning Teknik ARIAS dengan metode praktikum pada siswa
kelas X.3 semester genap di SMA Negeri 1 Rambipuji Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi
belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model
Cooperative Leraning teknik ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan
Satisfaction) terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar di kelas X.3
SMA Negeri 1 Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu setiap siklusnya peneliti melakukan
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. siklus pelaksanaan
tindakan pembelajaran menggunakan model Cooperative Leraning teknik ARIAS
dengan metode praktikum dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar
sebanyak dua kali.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dalam penerapan model
Cooperative Learning Teknik ARIAS pada siswa kelas semester Genap 2010/ 2011
di SMA Negeri 1 Rambipuji Jember. Dalam aspek Attention mengalami kenaikan
sebesar 1,24 dengan rata-rata siklus I sebesar 24,1 pada siklus II sebesar 25,34. Untuk
aspek Relevance mengalami peningkatan 0,3 yaitu dari siklus I sebesar 21,4 pada
siklus II sebesar 21,7. Sedangkan aspek Confidence mengalami peningkatan sebesar
0,46 yaitu pada siklus I sebesar 22,08 dan pada siklus II sebesar 22,54. Dan untuk
aspek Satisfaction mengalami peningkatan sebesar 0,55 yaitu dari siklus I sebesar
24,65 pada siklus II sebesar 25,2.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dalam
penerapan model Cooperative Learning Teknik ARIAS dengan metode praktikum
pada siswa kelas X.3 semester Genap 2010/2011 di SMA Negeri 1 Rambipuji Jember
dalam aspek kognitif dari siklus I sampai dengan siklus II dengan nilai rata-rata siklus
I sebesar 72,89 pada siklus II sebesar 78.51 dengan besar peningkatan 3,78.
Sedangkan untuk ketuntasannya mengalami kenaikan 5,7% dari siklus 1 sebesar
82,8% pada siklus II sebesar 88,5%. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan
dari siklus I sebesar 71,8 dengan nilai ketuntasan 77,1% pada siklus II menjadi 77.14
dan ketuntasan 94,3%. Mengalami peningkatan sebesar 17,2. Sedangkan untuk nilai
psikomotorik dari siklus I sebesar 74 dengan ketuntasan 80% pada siklus II menjadi
77,24 dengan ketuntasan 85,7% mengalami peningkatan sebesar 5,7.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran
Cooperative Learning teknik ARIAS di SMA Negeri 1 Rambipuji Jember dapat
meningkatkan motivasi dan memenuhi ketuntasan hasil belajar. Peneliti berharap dari
penelitian yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar siswa.