ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI DIVERSIFIKASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFITABILITAS PADA PT. TAMAN REKREASI TLOGO MAS PERMAI MALANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah penambahan usaha jasa atau diversifikasi jasa yang dilakukan oleh perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas atau tingkat keuntungan yang selama ini telah diperoleh perusahaan PT. Taman Rekreasi Tlogo Mas Permai Malang, setingga dapat memberikan Sumbangan pemikiran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbanga bagi manajemen perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan pengembangan perusahaan.
Berdasarkan informasi dari PT. Taman Rekreasi Tlogo Mas Permai Malang, menunjukkan bahwa dengan melakukan diversifikasi jasa tersebut dapat meningkatkan profitabilitas yang diperoleh sesuai dengan tujuan perusahaan.
Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yaitu taman rekreasi yang berada di kotamadya Malang. Untuk mengetahui adakah peningkatan pendapatan sebelu dan sesuadah pelaksanaan diversifikasi jasa kita menggunakan perhitungan rata-rata penjualan. Sedangkan untuk mengetahui apakah ada peningkatan profitabilitas digunakan analisis operating ratio dan analisis profit margin serta dengan melakukan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis rata-rata penjualan, diketahui bahwa pendapatan setelah divesifikasi jasa mengalami kenaikan sebesar Rp. 247.094.000,-, dan berdasarkan analisis operating ratio juga menunjukkan adanya penurunan sebesar 5,59 %, serta berdasarkan analisis profit margin diikuti pula oleh kenaikan tingkat profitabilitas sebesar 5,59 %.
Dengan mempertimbangkan hasil analisis yang diperoleh, baik dengan analisis rata-rata penjualan, analisis operating ratio, maupun analisis profit margin maka pelaksanaan difersifikasi jasa yang dilaksanakan oleh perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas untuk masa yang akan datang.