Analisis Penentuan kombinasi Variabel Advertensi Yang Optimal Dengan Programa Dinamis Pada PT. Zebra Agrindo Utama Kalisat Jember
Abstract
Tujuan ekonomi perusahaan adalah untuk menciptakan laba, menciptakan pelanggan, serta usaha-usaha untuk mengembangkan hasil produksi, maka kegiatan kegiatan promosi dengan berbagai media advertensi ini diharapkan akan dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan konsumen dan pada akhimya akan dapat meningkatkan volume penjualan. PT. Zebra Agrindo Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri beras, dengan banyaknya pesaing yang mempunyai usaha sejenis haruslah dapat mengoptimalkan kegiatan promosi dengan media advertensi, tetapi juga harus mengefektifkan media advertensi tersebut sehingga akan menghasilkan volume penjualan yang optimal.
Penelitian dengan judul "Analisis Penentuan Kombinasi Variabel Advertensi yang Optimal dengan Programa Dinamis pada PT. Zebra Agrindo Utama Kalisat Jember" adalah mencari besarnya pengaruh frekuensi penggunaan media-media advertensi yang digunakan oleh PT. Zebra Agrindo Utama Jember terhadap hasil penjualannya baik secara simultan maupun parsial dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Kemudian dari persamaan linier berganda tersebut dapat dicari berapa besarnya harga penjualan yang direncanakan pada berbagai penggunaan program advertensi, baganakah alternatif alokasi biaya maksimal pada masing-masing variabel media advertensi yang harus dikeluarkan untuk kombinasi penggunaan variabel media advertensi, serta mencari kombinasi frekuensi penggunaan variabel advertensi dengan anggaran biaya advertensi dan frekuensi penggunaan tertentu yang akan menghasilkan penjualan optimal.
Hasil analisis regresi linear berganda secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel media advertensi berpengaruh signifikan thd varibel hasil penjualan dg nilai Fhitung sebesar 7,664 (p = 0,018). Sedangkan secara parsial (Uji t) juga menunjukkan bahwa masing-masing varibel media advertensi (iklan surat kabar, iklan radio dan brosur) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai t hitung masing-masing media advertensi adalah iklan surat kabar (X1) sebesar 2,682 (p = 0,036), Iklan radio (X2) sebesar 3,436 (p = 0,014) dan brosur (X3) sebesar 3,719 (p = 0,010).
Estimasi hasil penjualan periode tahun 2004 kuartal II berdasarkan estimasi kombinasi frekuensi penggunaan masing-masing media advertensi periode tahun 2004 kuartal II adalah iklan surat kabar (X1) sebanyak 12 kali, iklan radio (X2) sebanyak 9 kali dan brosur (X3) sebanyak 9 kali dengan estimasi hasil penjualan sebesar Rp 524.030.956.297,00. Alternatif alokasi biaya minimal pada masing-masing media advertensi berdasarkan alokasi biaya minimal masing-masing media advertensi adalah iklan surat kabar (X1) sebanyak 5 kali, iklan radio (X2) sebanyak 11 kali dan brosur (X3) sebanyak 15 kali dengan estimasi hasil penjualan sebesar Rp 575.805.844.432,- .