Analisis Penentuan kombinasi Variabel Advertensi Yang Optimal Dengan Programa Dinamis Pada PT. Zebra Agrindo Utama Kalisat Jember
Abstract
Tujuan ekonomi perusahaan adalah untuk menciptakan laba, menciptakan pelanggan,  serta usaha-usaha untuk mengembangkan hasil produksi, maka kegiatan kegiatan   promosi dengan berbagai media advertensi ini diharapkan akan dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan konsumen dan pada akhimya akan dapat meningkatkan  volume  penjualan.  PT. Zebra  Agrindo  Utama  adalah  perusahaan  yang bergerak  di bidang industri beras, dengan banyaknya pesaing yang mempunyai usaha sejenis  haruslah dapat  mengoptimalkan kegiatan promosi dengan media advertensi, tetapi juga  harus mengefektifkan media advertensi tersebut sehingga akan menghasilkan volume penjualan yang optimal.
Penelitian dengan judul "Analisis Penentuan Kombinasi Variabel Advertensi yang  Optimal dengan  Programa  Dinamis  pada  PT.  Zebra  Agrindo  Utama  Kalisat Jember"   adalah mencari besarnya pengaruh frekuensi penggunaan media-media advertensi  yang digunakan oleh PT. Zebra Agrindo Utama Jember terhadap hasil penjualannya  baik secara simultan maupun  parsial  dengan menggunakan  alat analisis regresi linier  berganda. Kemudian dari persamaan linier berganda tersebut dapat dicari berapa besarnya harga penjualan yang direncanakan pada berbagai penggunaan program   advertensi, baganakah alternatif   alokasi biaya maksimal pada masing-masing variabel media advertensi yang harus dikeluarkan untuk kombinasi penggunaan variabel media advertensi, serta mencari kombinasi frekuensi penggunaan variabel advertensi dengan anggaran biaya advertensi dan frekuensi penggunaan tertentu yang akan menghasilkan penjualan optimal.
Hasil analisis regresi linear berganda secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel media advertensi berpengaruh signifikan thd varibel hasil penjualan dg nilai Fhitung sebesar 7,664 (p = 0,018). Sedangkan secara parsial (Uji t) juga menunjukkan bahwa masing-masing varibel media advertensi (iklan surat kabar, iklan radio dan brosur) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai t hitung masing-masing media advertensi adalah iklan surat kabar (X1) sebesar 2,682 (p = 0,036), Iklan radio (X2) sebesar 3,436 (p = 0,014) dan brosur (X3) sebesar 3,719 (p = 0,010).
Estimasi hasil penjualan periode tahun 2004 kuartal II berdasarkan estimasi kombinasi frekuensi penggunaan masing-masing media advertensi periode tahun 2004 kuartal II adalah iklan surat kabar (X1) sebanyak 12 kali, iklan radio (X2) sebanyak 9 kali dan brosur (X3) sebanyak 9 kali dengan estimasi hasil penjualan sebesar Rp 524.030.956.297,00. Alternatif alokasi biaya minimal pada masing-masing media advertensi berdasarkan alokasi biaya minimal masing-masing media advertensi adalah iklan surat kabar (X1) sebanyak 5 kali, iklan radio (X2) sebanyak 11 kali dan brosur (X3) sebanyak 15 kali dengan estimasi  hasil penjualan  sebesar Rp 575.805.844.432,-  .
