Pengaruh Biaya Pemasaran Berdasarkan Jenis Produk Terhadap Penjualan Pada Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar di Ngunut Tulungagung
Abstract
Semakin berkembangnya dunia. informasi dan semakin banyak perusahaan yang
bergerak dalam bidang usaha yang sama, menimbulkan persaingan yang ketat dalam
memasarkan basil produksinya kepada konsumen. Dengan keadaan yang demikian ini
produsen yang tidak dapat mempengaruhi konsumen, menyebabkan produksi yang
dihasilkan tidak akan disukai konsumen.
Penjualan bagi suatu perusahaan sebagai ujung tombak yang dapat digunakan
untuk rnenilai keberhasilan usalumya. Untuk itu rnaka pihak perusahaaa harus dapat
menentukan sutdu kebijaksanaan penjuaJan yang tepat sehingga tujuan usaha dapat
terealisir,
Salah satu kebijaksanaan penjualan yang sangat penting perananya adaIah
kebijaksanaan pemasaran, Pemasaran produk berfunggsi sebsgai alat memperkenalksn
sekaligus mempengaruhi konsunen untuk membeli produk yang dihasilkan perusahaan.
Dengan semakin gencarnya kegiatan pemasaran yang dilakukan dan kesemuanya
itu dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli barang yang dipasarkan.
Kegiatan pemsaran tersebut antara lain, promosi, distribusi, serta pelayanan dan
jaminan sesudah peniualan,
Pelaksartaan kegiatan tersebut tentu akan menimbulkan snatu biaya yaitu biaya
pemasaran Untuk itu pihak maanjemen hrus mempunyai infomasi lengkap mengenai
seluruh rangkaien kegiatan yang berkaitan erat dengan masalah-masalah pemasaran
termasuk infonnasi biaya pemasaran, Analisis biaya pemasran sangat bermanfaat
dalam mengevaluasi dan pengendalian perusahaan terutmna perusahaan yang tidak
banya memproduksi suatu jenis produk saja
Penjualan pada berbagai produk pada dasarnya memiliki pangsa pasar yang
berbeda antara produk yang satu dengan produk yang lainnya, sehinsga biaya yang
dikeluarkan berbeda pula. Dari uraian diatas maka bag8imana penganah biaya pemasaran yang dikeluarkan terhadap penjualan yang dicapai, hal inilah yang melatarbelakangi untuk diadakan penelitian tersebut