• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    THE RELATIONSHIP BETWEEN COMMUNICATION APPREHENSION AND WILLINGNESS TO COMMUNICATE IN LEARNING PROCESS OF THE FRESHMEN'S GROUP A OF SPEAKING CLASS OF FACULTY OF LETTERS, JEMBER UNIVERSITY, IN THE FIRST SEMESTER OF ACADEMIC YEAR OF 2013/2014 (HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN BERKOMUNIKASI DAN KEINGINAN BERKOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA BARU SEMESTER PERTAMA PADA KELAS SPEAKING GRUP A DI FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER, PADA TAHUN AKADEMIK 2013/2014)

    Thumbnail
    View/Open
    David Prasetya.pdf (452.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    Prasetya, David
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kelas speaking, melakukan interaksi dengan bahasa kedua sangat penting (Chaudron, 1988:10). Kenyataannya, setiap individu tidak selalu dapat berinteraksi dengan baik. Hal ini terjadi karena ada 2 faktor yang saling mempengaruhi, yaitu kecemasan berkomunikasi (McCroskey, 1977, b, 27-28 dikutip dari Resnick, 1980:11) & (Arnold dan Brown 1999:8 dikutip dari Dörnyei, 2005:198) dan keinginan berkomunikasi (Morreale, 2007:7). Untuk itu, studi ini dilakukan untuk mengetahui apa hubungan antara kecemasan berkomunikasi dan keinginan berkomunikasi dengan bahasa kedua, seberapa kuat hubungan itu, dan bagaimana deskripsi tingkah laku pembelajar dihubungkan dengan hubungan antara kecemasan berkomunikasi dan keinginan berkomunikasi dengan bahasa kedua. Metode campuran, quantitative (kuesioner) and qualitative (observasi), diaplikasikan dalam studi ini dengan populasi mahasiswa baru semester pertama pada kelas speaking grup A di jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Jember pada tahun akademik 2013/2014. Hasil dari studi ini adalah bahwa ada hubungan bertolak belakang yang agak kuat antara kecemasan berkomunikasi dan keinginan berkomunikasi dalam proses pembelajaran  oleh mahasiswa  baru semester satu grup A di kelas speaking, Fakultas Sastra, Universitas Jember tahun akademik 2013/2014 yang signifikan, yaitu -.362 dalam nilai korelasi Spearman dengan .027 sebagai nilai signifikan (1-tailed). Kecemasan berkomunikasi menggunakan bahasa kedua dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu personaliti, lawan bicara dan situasi; sedangkan keinginan berkomunikasi menggunakan bahasa kedua dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu personaliti, kepercayaan diri sendiri, kepercayaan diri karena situasi, dan penggunaan bahasa kedua. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang gambaran permasalahan berkomunikasi. Dengan demikian, mahasiswa-mahasiswi mungkin dapat menyadari permasalahan mereka dalam komunikasi, dan dapat menemukan cara untuk mengatasi permasalahan masing-masing dalam komunikasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68057
    Collections
    • SRA-Humanities [343]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository