dc.contributor.author | SAIRI | |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T07:12:20Z | |
dc.date.available | 2013-12-09T07:12:20Z | |
dc.date.issued | 2013-12-09 | |
dc.identifier.nim | NIM080210274033 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6804 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan penelitian yang berbasis kelas atau Penelitian
Tindakan Kelas dengan menerapkan penggunaan model pembelajaran Problem
Basic Learning (PBL) dengan Eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama 2
siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu
perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (actions), observasi dan refleksi.
Object yang menjadi penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalgede 02 yang
berjumlah 32 orang (13 laki-laki dan 19 perempuan).
Dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 diperoleh
hasil yang sangat signifikan. Indikasi ini berupa adanya peningkatan hasil belajar
siswa dari 62,3% (pra siklus) menjadi 96,8% pada akhir siklus 2 dan aktifitas
belajar siswa dari 21,8% (pra siklus) menjadi 93,7% diakhir siklus 2. Secara
umum pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas 5 SDN Tegalgede 02
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berhasil dengan baik sesuai dengan
tujuan dari penelitian yang telah ditetapkan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274033; | |
dc.subject | Gaya Magnet, Kombinasi Problem Based Learning | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG GAYA MAGNET MELALUI PENERAPAN METODE KOMBINASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EKSPERIMEN KELAS 5 SDN TEGALGEDE 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |