• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS EFISIENSI BIAYA PROMOTIONAL MIX BERDASARKAN DAERAH PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT. GUDANG GARAM PERWAKTLAN JEMBER DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Sofia Hana 960810201148.pdf (61.56Mb)
    Date
    2015-12-20
    Author
    Hana, Sofia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dengan judul "Analisis Efisiensi Biaya Promotional Mix Berdasarkan Daerah Pemasaran Guna Meningkatkan Profitabilitas Pada PT. Gudang Garam Perwakilan Jember Di Jember" dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya promotional mix dan tingkat profitabilitas pada masing-masing daerah pemasaran. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yang dimulai tanggal 29 Januari 2001 sampai dengan 29 Maret 2001. Berdasarkan pokok permasalahan yang dihadapi yaitu menentukan daerah pemasaran mana yang paling efisien dan profitable, maka rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan data historis berupa penggunaan biaya promotional mix serta hasil produksi dan hasil penjualan dari tahun 1996 sampai dengan tahun 2000. Penggunaan data historis tahun 1996 sampai dengan tahun 2000 tentang penggunaan biaya pemasaran, jumlah produksi, hasil penjualan pada masing-masing daerah pemasaran digunakan untuk mengetahui daerah pemasaran mana yang menjadi prioritas utama dalam penjualan produk pada tahun 2001 yaitu dengan menghitung besarnya tingkat efisiensi biaya promotional mix dan tingkat profitabilitas dengan menggunakan analisis biaya pemasaran, perkiraan laba rugi, rasio pendapatan marginal, dan efisiensi biaya pemasaran. Dengan analisis tersebut dapat diketahui tingkat efisiensi biaya promotional mix dan tingkat profitabilitas selama tahun 1996 sampai dengan tahun 2000, dan dengan menggunakan analisis Geometric Mean yang berdasarakan rata-rata pertambahan (rate of change) tahun-tahun sebelumnya maka dapat dihitung tingkat efisiensi biaya promotional mix dan tingkat profitabilitas untuk tahun 2001. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa untuk tahun 2001 tingkat profitabilitas tertinggi adalah daerah Jember sebesar 0,4683% dengan tingkat efisiensi sebesar 5.629,9922 %. Sedangkan tingkat efisiensi tertinggi terjadi pada daerah Situbondo sebesar 5.630,0191 % dengan tingkat efisiensi sebesar 0,4062%. Dari analisis yang digunakan dalam penelitian ini, daerah Jember merupakan prioritas penjualan produk untuk tahun 2001, karena daerah Jember meskipun mempunyai tingkat efisiensi yang lebih rendah tetapi rnampu memberikan kontribusi laba yangjauh lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pemasaran yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68017
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12415]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository