ANALlSlS PENGARUH BIAYA ADVERTENSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ROKOK KRETEK PADA PERUSAHAAN ROKOk MOJO DI MOJOAGUNG JOMBANG
Abstract
Penelitian yang dilakukan pada perusahaan rokok  Mojo di Mojoagung Jombang bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya advertensi terhadap volume penjualan rokok kretek. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya. Dari hasil pengamatan terdapat beberapa variabel media advertising yang membutuhkan biaya  lebih  besar sedangka pengaruhnya lebih  sedikit  daripada media lainnya yang membutuhkan biaya lebih rendah.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah  metode pengumpulan data-data dari perusahaan dan study literatur guna mencari data-data yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Prosedur     pengumpulan data dengan menggunakan metode data interview,  teknik dokumenter  dan teknik observasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode persamaan regresi berganda, Uji  Statistik dan  menggunakan Asumsi Klasik. Uji statistik meliputi penentuan koefisien determinasi, pengujian variabel  secara parsial (Uji-t) dan pengujian secara serempak (Uji-F). Asumsi klasik meliputi kolinearitas ganda (Multicolinearity), Heterokedastisitas dan pengujian   Autokorelasi. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis data diperoleh bahwa masing-masing media mempunyai pengaruh media iklan radio 1,868 satuan,  media kaos 7,121 satuan, media spanduk 3,341 satuan  dan media poster 4,019. Dari hasil pengujian t dapat diketahui media yang paling besar pengaruhnya yakni  media iklan radio sebesar 0,929  atau 92,9% terhadap volume penjualan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka  sebaiknya perusahaan tetap menggunakan beberapa   media  diatas  karena  semua  media  advertising  yang  dilakukan perusahaan mempunyai pengaruh positif  sedangkan untuk media yang mempunyai pengaruh  yang paling  dorninan  dapat ditingkatkan  volumenya.