ANALISIS PEMILIHAN KONSENTRASI PENJUALAN PRODUK SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. TIARA PRIMA DI TANGERANG
Abstract
Tujuan utama didirikannya perusahaan yaitu untuk memperoleh keuntungan, untuk itu koordinasi antar fungsi manajemen terutama aspek pemasaran, perlu untuk ditingkatkan guna pencapaian laba yang optimal, maka penelitian ini ANALISIS PEMILIHAN KONSENTRASI PENJUALAN PRODUK SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. TIARA PRIMA DI TANGERANG, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan konsentrasi penjualan produk pada perusahaan CV. Tiara Prima untuk kegiatan pemasarannya pada tahun 2001.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan penilaian terhadap rasio profit margin, efisiensi biaya pemasaran, analisis BEP, serta secara langsung dengan pihak manajemen perusahaan dan juga melakukan observasi dengan tujuan supaya mendapatkan data secara langsung dari perusahaan, sehingga data yang diperoleh merupakan data yang akurat dan terpercaya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai tertimbang untuk produk kemeja lengan panjang sebesar 3.93 nilai tertimbang untuk produk kemeja lengan pendek sebesar 3,67: nilai tertimbang untuk produk celana panjang sebesar 2,89.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat diambil kesimpulan bahwa produk kemeja lengan panjang termasuk dalam kondisi yang menarik sebagai produk yang diprioritaskan, sedangkan produk kemeja lengan pendek dan produk celana panjang harus lebih diperhatikan sebab produk tersebut mempunyai tingkat penjualan yang tinggi tetapi tingkat laba masih belum optimal, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengadakan penghematan biaya-biaya sehingga dapat dicapai suatu tingkat efisiensi yang optimal.