ANALISIS PEMILIHAN KONSENTRASI PENJUALAN PRODUK SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. TIARA PRIMA DI TANGERANG
Abstract
Tujuan utama didirikannya  perusahaan  yaitu untuk memperoleh keuntungan, untuk itu koordinasi antar fungsi manajemen terutama aspek  pemasaran,  perlu untuk ditingkatkan guna pencapaian laba yang optimal, maka  penelitian ini ANALISIS PEMILIHAN KONSENTRASI PENJUALAN PRODUK SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. TIARA PRIMA DI TANGERANG, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan konsentrasi penjualan produk pada perusahaan CV. Tiara Prima untuk kegiatan pemasarannya pada tahun 2001.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan     melakukan penilaian terhadap rasio profit margin,   efisiensi  biaya pemasaran, analisis BEP, serta secara langsung dengan pihak manajemen perusahaan dan juga melakukan observasi dengan tujuan supaya mendapatkan data secara langsung dari perusahaan, sehingga data yang diperoleh merupakan data yang akurat dan terpercaya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai tertimbang untuk produk kemeja lengan panjang sebesar 3.93 nilai tertimbang untuk produk kemeja lengan pendek sebesar 3,67: nilai tertimbang untuk produk celana panjang sebesar 2,89.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat diambil  kesimpulan bahwa produk kemeja lengan panjang  termasuk dalam kondisi yang menarik sebagai  produk  yang diprioritaskan, sedangkan produk kemeja  lengan   pendek dan produk celana panjang harus lebih   diperhatikan sebab produk tersebut  mempunyai   tingkat  penjualan yang tinggi tetapi tingkat laba masih belum optimal, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengadakan penghematan biaya-biaya sehingga dapat  dicapai  suatu tingkat efisiensi yang optimal.