PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MACAM-MACAM GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN KARANGREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 kelas IIIB yang
berjumlah 35 siswa yang dalam pelaksanaan pembelajarannya, siswa dibagi dalam
8 kelompok yang terdiri dari 4 dan 5 siswa dalam tiap kelompoknya. Desain
ix
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan
menganalisis prosentase aktivitas individu, klasikal dan ketuntasan hasil belajar.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 15 November 2010 sampai 25
Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu siswa. Pada siklus I,
aktivitas siswa secara klasikal mencapai 85,71% dan prosentase ketuntasan hasil
belajar secara klasikal mencapai 88,57%. Pada siklus II aktivitas siswa secara
klasikal mencapai 100% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal
mencapai 100%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB
telah mencapai prosentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan
aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat
prosentase individu minimal 65% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan
ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka
siswa kelas IIIB telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena
kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan
yang telah mencapai skor ≥ 70.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok
bahasan macam-macam gerak benda.