Analisis Profit Margin Dalam Rangka Penentuan Konsentrasi Pemasaran Pada PT. Exportmim Jaya Laksana di Sidoarjo
Abstract
Pada hakekatnya setiap perusahaan dalam melaksanakan
kegiatannya selalu ingin mencapai salah satu tujuan perusahaan yaitu
untuk memperoleh keuntungan yang maximum demi kelangsungan
hidup dan perkembangan dari usahanya. Keuntungan peruaahaan
dapat diperoleh dengan melakuk.an penjualan hasil produksinya pada
tingkat tertentu . Hasil penjualan teraebut dapat digunakan sebagai
modal kerja, misalnya untuk pembeliian bahan baku, upah tenaga
kerja, biaya overhead pabrik dan termaauk maya operaai perusahaan
untuk meneapai tujuan yang telah ditetapkan. Agar tujuan dapat
dicapai secara efektif dan efisien sesuai dengan waktu dan tingkat yang
telah ditentukan maka perusahaan perlu melaksanakan perencanaan
dan pengawaaan pada setiap kegiatan operasionalnya.
Kegiatan operasional peruaahaan terbagi menjadi kegiatan
produksi, pembelanjaan, personalia, dan pemasaran. Kegiatan
pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kelancaran
dan kontinuitas operasional perusahaan karena bidang pem.asaran
bertujuan untuk mencari pe]uang paaar dan menjual produk kepada
konsumen. Apabila perusahaan mampu menjalankan, kegiatan
pem.aaaran dengan baik maka tujuan peruaabaan yang telah ditetapkan
akan tereapsi.
Perusahaan eli dslam memasarkan h.asil produJcainya ban yak
menjumpai berb. m8881ab, miuhty. penetapm harIJfl produk pada
maaiDg-maaiDg lokasi pemaaaran, aaluran diatribuai yang digunakan.
serta bagaimana m.engataai peraa.ingan yang timbul dari peruaabaan
yang sejenis. Tugas dan tanggung jawab pihak peruaahaan terutama
bagian yang terkait cukup berat dalam mengatas hal ini, sebab apabila
tidak dapat diatasi maka resiko kegagalan akan nampak dan sebaliknya
apabila mampu men",t."; meyleb iDi maka peruaahaan akan mudah
menyeallaikan dengen keadaan da.. ah pemasaran sehingga produk
yang dipasarkan akan dapat diterima oleh konsumen dan kontiuuitas
usaha akan dapat terjamin. Dengen kata lain sebabab pokok
pemasaran sebenarnya terletak pada produk, saluran diatnbusi
dan promosi atau marketing mix. Sebab seperti
dimaklumi bahwa selera dari masing-mawing individu tidak sama pada
setiap daerah pemasaran aebjnsga pibak perusahaan dituntut untuk
mengambil suetu kebijaksanaan da1am mengatasi masalah mi.
Peranan masing-masing perusahaan mempunyai
andil terhadap kemampuan pmusaba8u dalam mengbasUkaD
keuntungan, Dengan adanya perbedaan kondiai dan peranan daerah
pemasaran dalam. menunjang kehidupan perusahaan maka audah
sepantasnya kalau setiap pengusaha harus memberikan perhatian,
perlskuan dan usaha konsentrasi. yang berbeda pada masing-masing
daerah pemasaran yang dituju.