PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan
data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember, di mulai pada
tanggal 7 Mei sampai tanggal 14 Mei 2011 subjek penelitian adalah siswa kelas IV
dengan jumlah siswa sebayak 47 anak, terdiri dari 21 anak laki-laki dan 26 anak
permpuan. Proses pengumpulan data mengunakan metode observasi, tes dan
wawancara. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu, perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Hasil analisis dari siklus 1 menunjukan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa memperoleh
skor rata-rata 85,10% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,87%. Untuk hasil
belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 91,47% sedangkan pada siklus
II meningkat lagi menjadi 95,74%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok
bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti
dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses
belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar
siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi
lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan
sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang
diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan
untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan
menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang
lebih luas dan dalam jangka waktu yang lama.