PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV A SDI AL KHAIRIYAH KEC. BANYUWANGI KAB. BANYUWANGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) Untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumalahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDI Al Khairyah kelas IV A yang terdiri dari 28 siswa, yang terdiri dari 16 siswa dan 12 siswi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan desdriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 03 Pebruari 2011 sampai dengan tanggal 04 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV A SDI Al Khairiyah Kec. Banyuawngi Kab. Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas guru dan tes individu siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode demonstrasi adalah: pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dengan kriteria baik adalah 43 %, sedangkan pada siklus II adalah 79 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan metode demonstrasi. Selain itu dengan menggunakan metode demonstrasi yang dikemas dalam sebuah permainan (kuis) dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat dan memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkn keakraban siswa.