Analisis Sikap Konsumen sebagai Evaluasi Strategi Penempatan Produk T-Shirt C-59 Pada UD Sari Garment Di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap, persepsi dan citra
T-shirt C-59 menurut konsumen (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember)
sebagai evaluasi terhadap strategi penempatan produk yang telah djalankan oleh
perusahaan. Untuk mengetahui sikap konsumen digunakan skala Likert dan untuk
mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut-atribut T-Shirt C-59 digunakan skala
Semantic Defferencil kemudian diuji dengan uji hipotesis mengenai proporsi (satu
sisi kanan). Penggambaran profil citra diperoleh dari pengukuran dengan skala
Semantic Defferensial. Dari hasil mengenai bagaimana sikap konsumen, persepsi
konsumen dan citra r:..shirt menurut konsumen dapat diketahui apakah strategi
penempatan produk yang telah dijalankan berhasil atau tidak.
Sikap merupakan suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi
terhadap penawaran produk dalam masalah-rnasalah yang baik ataupun kurang baik
secara konsekuen. Sikap dibentuk dari kebutuhan manusia dan nilai yang diberikan
terhadap suatu obyek yang dianggap memenuhi kebutuhannya.
Sikap yang dianalisis mengenai T-shirt C-59 dengan melalui pemyataan
pemyataan yang diajukan yaitu apakah T-shirt tersebut cocok dipakai oleh kaum
remaja, enak dipakai, kulitasnya bagus, dapat sebagai sarana komunikasi dan
memberikan kebanggaan bagi pemiliknya dengan segala atribut yang dipunyai oleh
T-shirt C-59 yaitu desain grafisnya, wama-wamanya, bahannya, modelnya,
ukurannya, jaminan desain yang terbatas, jahitannya, wama tidak luntur, dan kualitas
sablonnya.
Simpulan yang diperoleh setelah dilakukan penguijian yaitu konsumen setuju
terhadap pernyataan bahwa T-shirt C-59 cocok dipakai oleh kaum remaja, enak
diakai, memberikan kebanggaan bagi pemiliknya tetapi tidak setuju (tidak signifikan)
jika dikatakan T-shirt C-59 kualitasnya baik dan dapat sebagai sarana komunikasi.
Konsumen suka dan kenal dengan T-shirt C-59 dengan segala atribut-atribut yang
melekat pada T-shirt tersebut. Dengan demikian strategi penempatan produk yang
telah dijalankan oleh perusahaan berhasil yaitu lewat penawaran design grafis
sebagai keunggulannya dengan tidak mengesampingkan atribut-atribut T-shirt
lainnya karena atribut-atribut tersebut juga menjadi perhatian konsumen dalam
melakukan pembelian dan juga mendukung keberhasilan strategi penempatan produk
yang telah dijalankan.