PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF - TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Bidang Studi IPS, Pokok Bahasan Mendeskripsikan Letak Rumah, Kelas 1B Semester Genap SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011 )
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Pebruari sampai 14 Maret 2011 di SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas IB yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 siswa
perempuan dan 16 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2010/2011, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus I mencapai 58% sedangkan pada silkus II mencapai 78%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 83% sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IB SD Negeri Jember Lor 01 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 68% siswa telah mencapai nilai ≥ 68.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.