• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF - TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Bidang Studi IPS, Pokok Bahasan Mendeskripsikan Letak Rumah, Kelas 1B Semester Genap SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011 )

    Thumbnail
    View/Open
    Rina Hayati.pdf (256.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    RINA HAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Pebruari sampai 14 Maret 2011 di SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas IB yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2010/2011, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus I mencapai 58% sedangkan pada silkus II mencapai 78%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 83% sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IB SD Negeri Jember Lor 01 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 68% siswa telah mencapai nilai ≥ 68. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6770
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository