Show simple item record

dc.contributor.advisorA. P. Riady
dc.contributor.advisorSusanti P.
dc.contributor.authorAndrea D., Yossy
dc.date.accessioned2015-12-17T04:16:47Z
dc.date.available2015-12-17T04:16:47Z
dc.date.issued2015-12-17
dc.identifier.nimD1B195209
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67697
dc.description.abstractPenelitian tentang perilaku konsumen terhadap pemilihan merk lampu piiar dilaksanakan di wilavah kota administratif Jember selama dua bulan yaitu dari - - tanggai 4 Juli 2000 sampai dengan 4 September 2000. Tuiuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan faktor motivasi konsumen yang paling dominan dalam pemilihan lampu piiar dengan merk tertentu, untuk mengetahui derajat hubungan faktor motivasi yang paling dominan tersebut terhadap pemilihan suatu merk lampu pijar dan untuk mengetahui merk larnpu pijar yang paling disukai konsumen di wilayah kota administratif Jember. . Sedangkan kegunaan dari penelitian ini., diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi produsen maupun distributor lampu pijar dalam mengambil kebijaksanaan khususnya dalam bidang pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan secara survey yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan jalan wawancara secara langsung maupun menyebarkan daftar . pertanyaan sejumlah i20 lembar, kepada responden dan yang dapat dianalisis sejumlah ]] 5 lembar. Melalui penelitian ini dapat diketahui pengaruh antara perilaku konsumen terhadap pemilihan lampu pijar dengan merk tertentu. Bila dihubungkan dengan faktor-faktor dominan yang dijadikan variabel operasional dalam penelitian ini, yaitu faktor harga, faktor kualitas cahaya, faktor penyebaran produk (ketersediaan barang), faktor jangka waktu pemakaian dan faktor penggunaan energi digunakan test of independency. Sedangkan untuk mengetahui besarnya derajat hubungan yang paling berpengaruh dan faktor-faktor yang dominan tersebut terhadap pernilihan rnerk lampu pijar eli wilayah kota administrtif Jember digunakan uji koefisien kontingensi. Selanjutnva guna mengetahui merk apa yang paling disukai konsumen digunakan analisis indeks sikap. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan test of independency yang telah dilakukan dengan X2 tabel = 18,307, tampak bahwa faktor dominan yang paling berpengaruh dalarn motivasi konsumen adalah faktor penyebaran produk (ketersediaan barang) yaitu sebesar 55,20, lebih besar daripada faktor-faktor dominan lainnya. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji koefisien kontingensi, faktor penyebaran produk (ketersediaan ·barang) mempunyai derajar hubungan paling tinggi daripada faktor-faktor lain yaitu sebesar 0,32, yang berarti mempunyai pengaruh yang cukup terhadap motivasi konsumen dalam pemilihan merk lampu pijar di wilayah kota administratif Jember. Selanjutnya berdasarkan analisis indeks sikap konsumen, dimana diperoleh hasil bahwa merk PHILIPS merupakan merk yang paling disukai oleh konsumen karena nilai indeks sikap yang diperoleh sebesar 2,69 lebih tinggi dibandingkan nilai indeks sikap merk yang lain. Ini berarti konsumen lebih bersikap positif terhadap merk tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka sebaiknya distributor atau toko yang menjual lampu pijar ill \vilayah kota administratif Jember, dalam program pemasarannya memperhatikan faktor penyebaran produk (ketersediaan barang) dan sebaiknya menekankan penawarannya pada merk PHILlPS.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectperilaku konsumenen_US
dc.subjectLampu Pijaren_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Merk Lampu Merk Pijar Di Wilayah Kotatif Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record