dc.description.abstract | Penelitian tentang perilaku konsumen terhadap pemilihan merk lampu piiar
dilaksanakan di wilavah kota administratif Jember selama dua bulan yaitu dari
- -
tanggai 4 Juli 2000 sampai dengan 4 September 2000. Tuiuan dan kegunaan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan faktor motivasi konsumen
yang paling dominan dalam pemilihan lampu piiar dengan merk tertentu, untuk
mengetahui derajat hubungan faktor motivasi yang paling dominan tersebut
terhadap pemilihan suatu merk lampu pijar dan untuk mengetahui merk larnpu
pijar yang paling disukai konsumen di wilayah kota administratif Jember.
. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini., diharapkan dapat digunakan sebagai
pertimbangan bagi produsen maupun distributor lampu pijar dalam mengambil
kebijaksanaan khususnya dalam bidang pemasaran.
Penelitian ini dilaksanakan secara survey yaitu pengumpulan data yang
dilakukan dengan jalan wawancara secara langsung maupun menyebarkan daftar
. pertanyaan sejumlah i20 lembar, kepada responden dan yang dapat dianalisis
sejumlah ]] 5 lembar. Melalui penelitian ini dapat diketahui pengaruh antara
perilaku konsumen terhadap pemilihan lampu pijar dengan merk tertentu. Bila
dihubungkan dengan faktor-faktor dominan yang dijadikan variabel operasional
dalam penelitian ini, yaitu faktor harga, faktor kualitas cahaya, faktor penyebaran
produk (ketersediaan barang), faktor jangka waktu pemakaian dan faktor
penggunaan energi digunakan test of independency. Sedangkan untuk mengetahui
besarnya derajat hubungan yang paling berpengaruh dan faktor-faktor yang
dominan tersebut terhadap pernilihan rnerk lampu pijar eli wilayah kota
administrtif Jember digunakan uji koefisien kontingensi. Selanjutnva guna
mengetahui merk apa yang paling disukai konsumen digunakan analisis indeks
sikap.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan test of independency yang
telah dilakukan dengan X2 tabel = 18,307, tampak bahwa faktor dominan yang
paling berpengaruh dalarn motivasi konsumen adalah faktor penyebaran produk
(ketersediaan barang) yaitu sebesar 55,20, lebih besar daripada faktor-faktor
dominan lainnya. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji koefisien kontingensi,
faktor penyebaran produk (ketersediaan ·barang) mempunyai derajar hubungan
paling tinggi daripada faktor-faktor lain yaitu sebesar 0,32, yang berarti
mempunyai pengaruh yang cukup terhadap motivasi konsumen dalam pemilihan
merk lampu pijar di wilayah kota administratif Jember. Selanjutnya berdasarkan
analisis indeks sikap konsumen, dimana diperoleh hasil bahwa merk PHILIPS
merupakan merk yang paling disukai oleh konsumen karena nilai indeks sikap
yang diperoleh sebesar 2,69 lebih tinggi dibandingkan nilai indeks sikap merk
yang lain. Ini berarti konsumen lebih bersikap positif terhadap merk tersebut.
Berdasarkan hasil analisis tersebut maka sebaiknya distributor atau toko
yang menjual lampu pijar ill \vilayah kota administratif Jember, dalam program
pemasarannya memperhatikan faktor penyebaran produk (ketersediaan barang)
dan sebaiknya menekankan penawarannya pada merk PHILlPS. | en_US |