PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA MALANG REGENT'S PARK HOTEL DI MALANG
Abstract
Penelitian yang berjudul " PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN
BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP
KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA MALANG REGENT'S PARK
HOTEL DI MALANG " memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui factor-faktor
apa saja "'yang mempengaruhi sikap konsumen untuk memanfaatkan jasa serta
menginap di Malang Regent's Park Hotel serta faktor apakah yang paling
dominan mempengaruhi sikap konsumen dalam memanfaatkan jasa serta
menginap pada hotel tersebut. Kemudian merumuskan strategi pemasaran dan
kebijakan apa yang lebih efektif untuk digunakan oleh Malang Regent's Park
Hotel. Penelitian ini dilakukan pada salah satu hotel bintang tiga di kota Malang
yang segmen pasarnya kelas menengah ke atas yaitu Malang Regent's park Hotel
pada pertengahan bulan Juni 2000 sampai dengan bulan Juli 2000.
Sedangkan metode analisis data yang digunkan adalah uji Chi Squre
keofisien korelasi berganda koefisien korelasi partial. Ketiga metode tersebut
adalah analisis kuantitatif yang mendukung analisis kualitatif yaitu analisis
SWOT yang berguna untuk dasar dalam perumusan strategi pemsaran pada
Malang Regent's Park Hotel. Adapun dalam penelitian ini digunakan penelitian
survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan
menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Sifat penelitian ini
adalah penelitian penjelasan (explanatory research) karena dalam penelitian ini
menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis.
Dengan menggunakan metode analisis data baik secara kuantitatif,
diperoleh basil perhitungan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen
untuk menginap di hotel tersebut, yaitu faktor harga, pelayanan, lokasi serta faktor
promosi. Adapun faktor yang paling dominan dominan adalah faktor pelayanan.
Kemudian dilakukan analisis secara kualitatif untuk memcari kekuatan dan
kelemahan yang dimiliki oleh hotel tersebut dan mencari peluang dan ancaman
yang bisa terjadi ataupun sudah mengancam untuk dirumuskan strategi yang
paling efektif untuk mengatasi situasi yang sedang dihadapi oleh hotel tersebut.
Setelah dilakukannya penelitian dengan menggunkan analisis
kuantitatif, diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi sikap
konsumen untuk memanfaatkan jasa hotel tersebut adalah faktor harga, pelayanan,
lokasi dan promosi. Faktor dominannya adalah faktor pelayanan. Hal ini sangatlah
wajar karena konsumen semakin pintar didalam melakukan tindakannya.
Konsumen lebih menyukai produk atau j asa yang memberikan nilai tambah dan
kepuasan. Dan hal tersebut diperoleh dari pelayanan yang diberikan oleh
produsen. Pelayanan dapat menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan
penjualan serta menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan.