Pengaruh Etika Bisnis Islami Terhadap Kinerja Pembiayaan Mudharabah Dengan Asimetris Informasi Sebagai Variabel Intervening Penelitian Pada BMT Di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh etika bisnis islami terhadap kinerja pembiayaan mudharabah dengan informasi asimetri sebagai variabel intervening. Alasan pemilihan obyek koperasi syariah adalah untuk mengatahui sejauh mana teori yang terkait variabel berlaku pada lembaga keuangan mikro. Perbedaan penelitian ini dengan sebelumnya adalah jumlah varibel yang digunakan, pada penelitian ini hanya digunakan variabel etika bisnis islami, informasi asimetri, dan kinerja pembiayaan mudharabah. Sampel penelitian ini menggunakan sampel BMT di kabupaten Jember, pada penelitian sebelumnya menggunakan bank umum syariah di JawaTimur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan responden manajer dan pimpinan kantor pusat atau kantor cabang koperasi syariah di Kabupaten Jember dengan syarat koperasi(BMT) pernah menjalankan pembiayaan mudharabah dan memiliki otorisasi dalam keputusan pemberian kredit. Teknik olah data yang digunakan adalah menggunakan analisis jalur. Temuan dari penelitian ini ada 3 hal penting. Pertama, etika bisnis islami berpengaruh negatif signifikan terhadap informasi asimetri. Kedua, etika bisnis islami berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pembiayaan mudharabah. Ketiga, informasi asimetri berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pembiayaan mudharabah. Secara garis besar etika bisnis islami sangat berperan penting baik dalam meminimalisir informasi asimetri dan berpengaruh langsung terhadap kinerja pembiayaan mudharabah melalui keterampilan mereka dan sikap mereka dalam melakukan pembiayaan mudharabah. Dengan demikian melaksanakan pembiayaan mikro dengan akad mudharabah sangat realistis dengan cara meningkatkan etika bisnis islami.