• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI KONTRUKTIVISME BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    110210101066.pdf (4.836Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Aisyah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam dunia pendidikan, pemilihan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat adalah suatu hal yang harus diperhatikan. Pemilihan pendekatan yang tepat akan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. Kontruktivsme merupakan model pembelajaran yang bertujuan mengaktifkan dan mengembangkan nalar siswa. Dengan pendekatan saintifik, pembelajaran bisa lebih bermakna bagi siswa karena pendekatan saintifik merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Oleh karena itu, peneliti berasumsi bahwa model pembelajaran kontruktivisme dengan pendekatan saintifik ini sangat cocok apabila dikemas secara rapi dalam pembelajaran. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa 2 buah RPP, 2 buah LKS, sebuah Buku Guru, sebuah Buku Siswa, dan sebuah THB. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model 4-D. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut Draft 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 (produk). Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, Buku Siswa, Buku Guru, LKS dan THB berturut-turut adalah 0,90; 0,95; 0,85; 0,89 dan 0,92; perangkat tersebut berkategori sangat baik. Hasil analisis reliabilitas THB mencapai 0,77 dengan kategori “tinggi” dan validitas tes mencapai 0,9 dengan kategori sangat baik maka, instrumen THB tersebut dapat dikatakan reliabel artinya memiliki nilai yang tinggi untuk digunakan sebagai alat penilaian hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut valid. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama mencapai 94% dengan kategori sangat baik, pada pertemuan kedua mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan THB. Dari hasil aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 88,19%; pertemuan kedua mencapai 89,78%. Maka aktivitas siswa yang diamati selama pembelajaran dikatakan baik. Sedangkan dari analisis angket yang telah diisi oleh 42 siswa diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran matematika berorientasi kontruktivisme dengan pendekatan saintifik. Dari penilaian THB, kognitif, psikomotor diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 85,91. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran matematika berorientasi kontruktivisme berbasis scientific approach pada sub pokok bahasan kubus dan balok dikatakan baik maka dapat dikatakan valid, efektif, dan efisien. Untuk mengetahui lebih lanjut baik atau tidaknya perangkat yang dikembangkan, maka disarankan pada peneliti selanjutnya agar menguji cobakan perangkat pada sekolah lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67400
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository