Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.authorFATKHUROFI, IMAM
dc.date.accessioned2015-12-11T11:48:31Z
dc.date.available2015-12-11T11:48:31Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim070210192035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67378
dc.description.abstractmerupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Dalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat memproses informasi serta dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat fisika yang didalamnya ada penyimpulan pembentukan konsep secara metode ilmiah sehingga dapat memberikan penguasaan fisika kepada siswa secara multirepresentasi yaitu secara representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (3) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi grafik pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (4) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi gambar pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas X. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan rumusan masalah menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum dalam pembelajaran fisiska berbasis multirepresentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (4) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi gambar fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOOPERATIF TIPE SCRIPTen_US
dc.subjectMETODE PRAKTIKUMen_US
dc.subjectMULTIREPRESENTASI SISWAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record